Greenomics: Zulkifli Menhut Terbanyak 'Jual' Lahan Itu Fakta Hukum

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 20:33 WIB
Foto: Zulkifli Hasan. (Tsarani Maharani/detikcom).
Jakarta - Greenomics Indonesia memberi penjelasan terkait eks Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang mereka sebut pejabat 'penjual' lahan atau pemberi izin perkebunan terluas. Greenomics menyatakan adalah fakta kalau Zulkifli menjadi menteri pemberi izin pembukaan kebun terluas.

"Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (periode 2009-2014) yang menerbitkan izin perkebunan kepada para pelaku bisnis tertentu hingga seluas 1,64 juta hektare, atau hampir 25 kali lipat luas DKI Jakarta, bukan tuduhan, namun itu adalah fakta hukum," ujar Direktur Eksekutif Greenomics Indonesia Vanda Mutia Dewi kepada detikcom, Jumat (23/3/2018).



Vanda lalu merinci izin perkebunan yang dibuka di zaman Zulkifli. Data itu juga mereka sebut sebagai fakta.

"Izin-izin perkebunan yang diterbitkan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang setara dengan hampir 70 persen dari total luas izin perkebunan yang diberikan kepada para pebisnis selama 13 tahun terakhir (2004-2017) adalah merupakan fakta hukum, bukan tuduhan," tegas Vanda.

Vanda menjelaskan, Greenomics dalam mengeluarkan data pastinya mengacu pada sumber yang meyakinkan. Mereka menilik SK perizinan pembukaan lahan di zaman Zulkifli.



"Studi Greenomics Indonesia mengacu pada fakta-fakta hukum berupa SK dan peta-peta lokasi perizinan, yang ditandatangani oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Sehingga, hasil studi tersebut, bukan tuduhan, melainkan fakta-fakta hukum yang dapat dipertanggungjawabkan," terang Vanda.

Greenomics Indonesia mengungkap data bahwa eks Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan sebagai pejabat yang paling banyak 'menjual' lahan atau memberi izin perkebunan terluas saat masih menjabat dulu. Zulkifli menepis tuduhan itu. (gbr/tor)