DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 18:21 WIB

Zulkifli Hasan Tepis Dicap Menhut Paling Banyak 'Jual' Lahan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Zulkifli Hasan Tepis Dicap Menhut Paling Banyak Jual Lahan Zulkifli Hasan (Foto: Screenshot video)
Jakarta - Greenomics Indonesia mencap eks Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan sebagai pejabat yang paling banyak 'menjual' lahan atau memberi izin perkebunan terluas saat masih menjabat dulu. Zulkifli menepis tuduhan itu.

"Saya masih lihat datanya karena zaman itu yang paling penting waktu itu saya adalah hutan tanaman rakyat. Saya mencanangkan 3 juta (hektare), berhasil kita bagi, mungkin 1,3 juta (hektare), itu yang diteruskan sekarang sama pak presiden sebagai perhutanan sosial," kata Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menurut Zulkifli yang kini menjabat Ketua MPR, langkah dia membuka lahan saat menjabat Menteri Kehutanan karena beberapa faktor. Saat itu, kata Zul, pemerintah ingin melakukan swasembada beberapa jenis pangan.



"Kita dulu ingin ada swasembada gula, dimana tanahnya tidak ada lagi. Kalau 1 juta (hektare), ada di mana tanahnya? Yang ada itu tinggal di Papua," beber Zulkifli.

"Nah, dulu kita ada program 300 ribu atau 400 ribu (hektare) itu untuk gula dan memperluas pertanian dan booming perkebunan pada waktu itu. Tetapi, setelah dicoba, tidak mudah karena tanam gula hamanya di sana. Jadi, hutan tanam gula tidak bisa, jadi tidak bisa lanjut," imbuh Zul.

Lahan yang dibukanya saat itu juga disebut Zulkifli diperuntukkan bagi sektor pertanian. Namun, setelah kebijakan dieksekusi, timbul masalah baru.



"Juga pertanian tidak bisa lanjut karena infrastrukturnya belum ada, tidak bisa lanjut juga karena orang-orangnya belum ada. Jadi, nanti kita lihat lebih jelas. Ini kan respons karena Pak Amien toh," tegas dia.
(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed