DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 14:26 WIB

Sandi: Era Transportasi Umum Jakarta akan Berbasis Rel

Indra Komara - detikNews
Sandi: Era Transportasi Umum Jakarta akan Berbasis Rel Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyayangkan sejumlah stasiun di Ibu Kota belum terintegrasi dengan transportasi umum lainnya. Akibatnya, menurut Sandi, arus lalu lintas di jalan sekitar stasiun itu terhambat.

"Saya tadi pagi naik sepeda dari Jakarta Selatan ke Kota Tua berhenti di Monas. Saya melewati 8 stasiun, alhamdulillah stasiun itu sangat diminati masyarakat, penuh. Tapi kita mengalami masalah karena tidak menyiapkan integrasinya dengan transportasi lain," ujar Sandi dalam sambutan di acara Indonesia Railway Conference (IRC) 2018 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018).


Salah satu stasiun yang disoroti Sandi yaitu Stasiun Palmerah. Menurut Sandi, jalan sekitar stasiun itu kerap macet karena tidak terintegrasi dengan transportasi umum lainnya.

"Di Palmerah sudah ada titik macet di Stasiun Palmerah. Selama ini kita tidak integrasikan moda transportasi. Ke depan saya dan Pak Anies bekerja, jajaran ada tim gubernur yang akan bantu integrasi," ucap Sandi.

Selain itu, Sandi bicara soal era transportasi baru di Ibu Kota. Menurutnya, transportasi di Jakarta nantinya akan berbasis rel.


"Saya diminta untuk memberikan pesan, yang jelas bahwa Jakarta akan masuk ke era baru, era transportasi berbasis rel. Dan apa yang jadi visi Jakarta ke depan tapi visi langsung diikuti dengan aksi," kata Sandi.

Menurut Sandi, transportasi berbasis rel dapat mengurangi pengeluaran warga untuk kebutuhan transportasi umum. "Jadi kita ingin turunkan misalnya pendapatan Rp 5 juta, paling tidak 15 persen yang keluar untuk transportasi, 5 tahun ke depan dan target optimal kita setelah LRT, MRT dan transport semuanya, kita akan turunkan di sekitar 10 persen, 8-10 persen," sebut Sandi.



(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed