DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 01:36 WIB

Golkar Bakal Rotasi Formasinya di DPR, Begini Susunannya

Haris Fadhil - detikNews
Golkar Bakal Rotasi Formasinya di DPR, Begini Susunannya Ketua Fraksi Golkar DPR, Melchias Markus Mekeng (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar akan melakukan rotasi pada alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR. Menurut Ketua Fraksi Golkar DPR Melchias Markus Mekeng, rotasi itu adalah hal yang wajar.

"Rotasi itu kan sesuatu yang biasa saja di dalam partai politik. Kebetulan setelah Pak Airlangga ditunjuk jadi ketum berjalan 2-3 bulan lalu fraksi dilakukan perombakan," kata Mekeng di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/3/2018).



Mekeng juga menyebut rotasi itu sebagai bentuk penyegaran. Ia menyatakan perlu ada pergantian untuk memberi kesempatan bagi anggota fraksi Golkar yang berprestasi.

"Satu, perombakan di alat kelengkapan dewan dalam rangka memberikan penyegaran. Kedua, memberikan rolling pada kader-kader yang dilihat selama ini berprestasi supaya diberikan kesempatan, punya peluang yang sama," ujar Mekeng.



Berikut ini nama-nama AKD dari Fraksi Golkar sesuai rotasi yang dilakukan DPP:

Wakil ketua Komisi I Satya Yudha
Ketua Komisi II Zainudin Amali
Ketua Komisi III Kahar Muzakir
Wakil Ketua Komisi IV Roem Kono
Wakil Ketua Komisi V Ibnu Munzir
Wakil Ketua Komisi VI Dito Ganinduto
Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih
Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi IX Ichsan Firdaus
Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian
Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng
Ketua Badan Anggaran Azis Syamsudin
Wakil Ketua Badan Legislasi Sarmuji

Mekeng pun mengkonfirmasi nama-nama itu. Ia juga menyatakan dirinya akan diganti karena sudah menjabat sebagai ketua Fraksi Golkar.

Iya, sampai sekarang komisi XI saya, Banggar pak Aziz. Alasannya DPP melihat bahwa belum sekarang diganti dan itu mereka sampaikan pada saatnya yang tepat akan dilakukan perombakan. Saya juga nggak mungkin. Di partai saya menjadi ketua korbid pemenangan Indonesia Timur, 13 provinsi, Ketua Fraksi, masa saya harus di ketua komisi XI," ujar Mekeng.



(haf/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed