DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 23:59 WIB

Bandara Sam Ratulangi Mati Listrik, Penerbangan Terganggu

Michelle Dejonker - detikNews
Bandara Sam Ratulangi Mati Listrik, Penerbangan Terganggu Suasana Bandara Sam Ratulangi saat listrik mati, penerangan dari genset. (Michelle Dejonker/detikcom)
Manado - Akibat mati listrik di Bandara Sam Ratulangi, Manado, empat penerbangan ditunda, tiga penerbangan dialihkan ke bandara lain, dan dua penerbangan lainnya kembali ke bandara asal.

Di lokasi, Kamis (22/3/2018) sekitar pukul 18.30 Wita, listrik di Bandara Sam Ratulangi dan sekitarnya padam. Aktivitas penerbangan bandara ini terhenti selama lima jam.

Bandara Sam Ratulangi Mati Listrik Penerbangan TergangguSuasana Bandara Sam Ratulangi saat listrik mati, penerangan dari genset. (Michelle Dejonker/detikcom)

Pukul 22.30 Wita, listrik area sekitar bandara hidup kembali, namun bandara masih menggunakan tenaga genset untuk menunjang penerangan. Adapun penerangan untuk penerbangan belum bekerja seperti semula.

Diduga ada unit penerangan di bandara yang padam. Juru bicara Angkasa Pura I Sam Ratulangi, Manado, Ega, mengatakan unit penerangan yang padam tengah diperbaiki.



"Terkait kerusakan lampu bandara, kami masih tunggu infonya dari unit terkait. Kami tidak bisa memprediksi waktu berakhirnya perbaikan tersebut. Sejauh ini ada empat flight (penerbangan) ditunda, tiga flight dialihkan ke bandara lain, dua flight return to base," ungkap Ega, Kamis (22/03/2018).

Akibat matinya listrik di Bandara Sam Ratulangi itu, bukan hanya sejumlah penerbangan yang terganggu, tapi sinyal seluler juga ikut terganggu.

Akhirnya, fasilitas untuk penerbangan aktif kembali pukul 23.00 Wita. Untuk saat ini, pelayanan makan malam diberikan kepada penumpang yang mengalami penundaan jadwal penerbangan.

Manajemen Bandara Sam Ratulangi saat ini menyediakan pelayanan tersebut. Untuk saat ini, hanya Wings Air flight IW-1536 tujuan Ambon yang ditunda hingga besok pagi penerbangannya dan disediakan penginapan untuk penumpangnya. Hingga saat ini total penumpang yang terdampak penerbangan sejumlah 480 penumpang.

Bandara Sam Ratulangi Mati Listrik Penerbangan TergangguSuasana Bandara Sam Ratulangi saat listrik mati, penerangan dari genset. (Michelle Dejonker/detikcom)

Berikut ini daftar penerbangan yang terganggu.

Kembali ke bandara semula (return to base):
Wings Air IW1537 AMQ-MDC
Nam Air IN699 Ternate-MDC

Mendarat di bandara yang bukan tujuan (divert ke Balikpapan):
Citilink QG307 SUB-MDC
Wings Air IW1188 Palu-MDC
Batik ID6272 CGK-MDC

Penundaan (delay):
Wings Air IW1536 MDC-AMQ
Garuda GA627 MDC-CGK
Lion JT2751 MDC-SHANGHAI
Batik Air ID6275 MDC-CGK

Pukul 23.35 Wita, pihak Bandara menginformasikan perbaikan fasilitas listrik telah selesai. Bandara kembali beroperasi normal. Penumpang Garuda GA627 tujuan Jakarta sedang proses boarding. Sedangkan penerbangan Wings Air tujuan Ambon ditunda besok pagi.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed