DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 20:16 WIB

Ketua Golkar Minta Pengurus Partai Tak Bahas Cawapres Jokowi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Ketua Golkar Minta Pengurus Partai Tak Bahas Cawapres Jokowi Foto: Presiden Jokowi. (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Ketua Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Andi Harianto Sinulingga meminta tak ada pembahasan nama cawapres untuk Joko Widodo yang mereka usung di Pilpres 2019. Andi menegaskan seluruh pengurus partai sebaiknya fokus memenangkan pileg saja.

"Golkar sebaiknya fokus pada pemenangan pileg dan bagaimana realisasi target penambahan jumlah kursi di DPR," ujar Andi kepada wartawan, Kamis (22/3/2018).


Menurut Andi, Jokowi dapat menentukan sendiri siapa cawapresnya nanti. Golkar dimintanya tidak mendorong-dorong nama tertentu.

"Sebaiknya biar itu di serahkan pada Jokowi saja. Golkar cukup memberikan masukan bahwa siapapun calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi nanti adalah sosok yang memiliki kapasitas yang cukup, loyal dan memberikan kontribusi elektoral yang signifikan untuk meraih mayoritas suara rakyat," ucap Andi.

"Sekali lagi sebaiknya Golkar fokus pada langkah strategi dan upaya untuk bisa mencapai target penambahan kursi DPR dan menjadi pemenang Pemilu Legislatif pada 2019 mendatang," tegas dia.


Sebelumnya, Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, berdasarkan hasil roadshow konsolidasi partai yang dilakukan timnya, beberapa DPD Golkar menyuarakan keinginan agar Airlangga didorong sebagai cawapres Jokowi. Beberapa pengurus DPP partai pun, klaim Doli, sudah membicarakan hal serupa.

Meski demikian, Doli mengatakan keputusan cawapres sepenuhnya berada di tangan Jokowi sebagai calon presiden yang diusung Golkar. Namun upaya Golkar dalam memenangkan Jokowi mesti dilihat juga, seperti dengan membentuk kelompok relawan: Jangkar Bejo dan GoJo.

"Namun tampak jelas semangat kader Golkar akan bertambah besar bila Pak Airlangga Hartarto dapat mendampingi Pak Jokowi sebagai cawapres," sebut Doli.


(gbr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed