DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 20:58 WIB

Anies Minta Ketua Tim Gubernur Cari Solusi Pipanisasi Air

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Minta Ketua Tim Gubernur Cari Solusi Pipanisasi Air Foto: Wagub DKI Sandiaga Uno. (M Fida-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyerahkan rencana pipanisasi air pada Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Amin Subekti. Sandiaga mengatakan Gubernur DKI Anies Baswedan meminta Amin mengkaji kebijakan tersebut.

"Bapak Gubernur tugaskan Pak Amien untuk melakukan kajian. Untuk agar dipastikan ini semua sesuai dengan ketentuan, dan perundang-undangan yang berlaku," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).


Sandiaga mengatakan Pemprov akan mendukung investasi di bidang pipanisasi air. Dia ingin pipanisasi ada di daerah-daerah yang sulit air bersih.

"Kalau di Pemprov simple aja, invest besar untuk pipanisasi itu. Kita harus meyakini bahwa keseriusan dan keberpihakan pemprov untuk mendorong PAM Jaya untuk memberikan saluran pipanisasi ke daerah-daerah yang sekarang ini justru termarjinalisasi," jelasnya.

Sandiaga berjanji Pemprov akan bekerja sama untuk mempercepat pipanisasi di Jakarta. "Kita dorong public private partnership kita dorong bagaimana PAM ke depan bisa memobilisasi ini. Karena taret kita 20-30 tahun ke depan 100 persen tersalurkam dengan air bersih," sebutnya.


Sandiaga juga mengetahui demo yang akan dilangsungkan di Balai Kota terkait swastanisasi air. Dia mengimbau peserta demo lebih mengutamakan kampanye untuk mengurangi air tanah.

"Temen-temen dari koalisi air bersih nanti saya minta bawa gergaji. Dan dateng ke daerah elit yang sudah teraliri air bersih untuk membujuk warganya untuk beralih menggunakan PAM dan tidak menggunakan air tanah," jelasnya.


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed