DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 17:36 WIB

Zulkifli Puji Menteri Jokowi yang Tepis Tudingan Amien Pakai Data

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Zulkifli Puji Menteri Jokowi yang Tepis Tudingan Amien Pakai Data Ketum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Ketum PAN Zulkifli Hasan memuji sikap beberapa menteri Joko Widodo yang menepis tudingan Amien Rais soal sertifikasi tanah memakai data. Menurut Zulkifli, sudah selayaknya menteri bersikap elegan menanggapi kritik.

"Bagus juga beberapa menteri saya lihat menyampaikan data-data: ini tidak betul, ada yang betul dan sebagiannya," jelas Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2018).


"Jadi, tidak emosi, tapi disampaikan apa yang udah dilakukan, apa yang belum dilakukan. Saya kira itu lebih baik, lebih produktif dan itu akan menghasilkan citra pemerintah yang lebih," tegas Zulkifli.

Amien Rais menuding sertifikasi tanah ala Jokowi hanya ngibul semata dan menyebut 74 persen lahan di RI dimiliki Asing. Apakah Amien memakai data dalam melemparkan pernyataan itu?


"Saya tidak ikut substansi," jawab Zulkifli singkat.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mempertanyakan maksud tudingan politikus senior PAN Amien Rais yang menyebut sekitar 74% lahan di Indonesia dikuasai oleh asing. Sofyan menyebut Amien tak mempunyai data terkait tudingan itu.

Sofyan menjelaskan soal lahan yang dikerjakan oleh perusahaan. Dia meluruskan bahwa perusahaan menggunakan lahan berdasarkan hak guna usaha (HGU). Artinya tak ada asing yang menguasai lahan di Indonesia.

"Yang benar? Datanya nggak ada itu," kata Sofyan.
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed