DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 16:14 WIB

Pilgub Jatim 2018

Gus Ipul Unggul di Survei Charta, PDIP: Kami Tak Berpuas Diri

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Gus Ipul Unggul di Survei Charta, PDIP: Kami Tak Berpuas Diri Ketua Bappilu PDIP, Bambang DH. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jatim 2018. Hasilnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno unggul dengan elektabilitas 44,8% dibandingkan Khofifah-Emil Dardak dengan elektabilitas 38,1%.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua DPP PDIP bagian Pemenangan Pemilu Bambang DH mengaku pihaknya tak ingin cepat puas. Namun, ia mengaku hasil survei Charta Politika ini sama dengan survei internal yang dilakukan partainya.


"Hasilnya bagus ada tren positif kami tidak mudah berpuas diri banyak PR yang harus dikerjakan. Pemotretan Charta Politika ini sama dengan survei internal kami," ujar Bambang DH, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Partainya sebagai partai pengusung Gus Ipul-Puti Guntur optimis dalam tiga bulan ke depan elektabilitas paslonnya akan terus meningkat. Bambang juga mengatakan akan terus berupaya mendongkrak popularitas Puti Guntur yang menurut hasil survei Charta Politika masih di bawah 50%, yakni 42,2%.


"Menyelesaikan satu putaran itu dari 37 kota kabupaten masih sisa 13 wilayah. Dari sisa 13 itu nanti akan kita survei lagi setelah satu putaran selesai. Ini kan baru sebulan," ujarnya.

Sementara, dari Partai Pengusung Khofifah-Emil Dardak, Partai Golkar, menilai naik turunnya elektabilitas merupakan hal yang wajar. Namun, ia mengatakan, jika dilihat dari tren Jangka panjang, elektabilitas Khofifah-Emil terus naik.

"Tapi tren jangka panjangnya itu kelihatan sekali Khofifah naik. Pada waktu Khofifah mendeklarasikan sebagai gubernur Khofifah itu baru 20 persen. Kalau sekarang sudah sedemikian besar 38 mendekati 40 persen itu sudah lompatan yang luar biasa. Jadi tren jangka panjang yang kita lihat," kata Wasekjen Golkar Sarmuji.

Seperti diketahui, Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jatim 2018. Hasilnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno unggul dengan elektabilitas 44,8%.

Survei dilakukan pada tanggal 3-8 Maret 2018. Ada 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error dari survei tersebut +- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Charta Politika melakukan simulasi dengan menyebar kertas suara ke 1.200 responden dengan pertanyaan jika Pilkada Jatim dilaksanakan hari ini siapa yang dipilih. Hasilnya, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur menempati posisi teratas dengan perolehan suara 44,8% % menyusul di bawahnya pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dengan sebanyak 38,1%.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed