DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 08:20 WIB

Haruskah Amien Rais Minta Maaf?

Andhika Prasetia - detikNews
Haruskah Amien Rais Minta Maaf? Foto: Amien Rais (Usman Hadi-detikcom)
Jakarta - Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais kembali melemparkan peluru tajam ke Presiden Jokowi yang menyebut program pemberian sertifikat tanah adalah suatu kebohongan. Pernyataan tersebut menuai polemik. Terkait pernyataan tersebut, haruskah Amien meminta maaf?

"Nggak ada kamus politisi sekelas Amien Rais akan minta maaf, karena apa yang dikatakan siap beliau pertanggungjawabkan dan kalau beliau tak mampu membuktikan bahwa pembagian sertifikat ala Jokowi adalah ngibulin rakyat, maka kita memang mendukung agar di bawah ke ranah hukum berupa somasi dan sebagainya," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago saat dimintai konfirmasi, Selasa (20/3/2018) malam.


Pernyataan Amien dikritik oleh Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan. Luhut mengancam akan membuka dosa Amien.

"Luhut sebetulnya harus paham bahwa ini politik, mesti piawai dan mahir dalam mengelola politik, memgelola isu, sintemen dan memainkan isu, jangan sampai gagal dalam mengelola panggung politik karena gagal menyusun kata dan diksi yang tepat, ingat bahwa dalam politik ada panggung depan dan ada panggung belakang," jelas Pangi.


Sebelumnya, PDIP Luhut tak main ancam dan lebih baik melancarkan somasi saja. Amien juga diminta meminta maaf secara terbuka.

"Tulis somasi, minta Amien Rais menjelaskan dengan data-data dan minta maaf terbuka di hadapan publik jika tidak bisa membuktikan," kata Politikus PDIP Eva Sundari kepada wartawan.


PAN tak terima dengan PDIP. PAN tak setuju apabila Amien harus meminta maaf.

"Beliau punya andil besar dalam reformasi. Ini bapak reformasi kok diancam, apalagi suruh minta maaf. Apa tidak nanti malah tidak jadinya merugikan Pak Jokowi? Apalagi yang ngomong ini pion-pion saja, bukan petinggi partai," jelas Waketum PAN Taufik Kurniawan.

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed