DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 00:28 WIB

Pemerintah Lakukan Segala Cara Cegah Eksekusi Mati 2 TKI di Saudi

Denita Br Matondang - detikNews
Pemerintah Lakukan Segala Cara Cegah Eksekusi Mati 2 TKI di Saudi Menaker Hanif Dhakiri (Denita Br Matondang/detikcom)
FOKUS BERITA: TKI Dipancung di Saudi
Jakarta - Pemerintah akan melakukan segala cara untuk mencegah eksekusi mati terhadap dua TKI di Arab Saudi. Upaya itu bakal dilakukan menggunakan semua jalur yang ada.

"Pemerintah akan melakukan upaya optimal dengan semua jalur yang memungkinkan. Mau yang resmi, tidak resmi, mau diplomatik, tidak diplomatik, langkah hukum maupun nonhukum pasti dilakukan, diambil semaksimal mungkin," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).


Hanif juga menyatakan pemerintah akan melakukan tiga langkah untuk mencegah TKI tersangkut kasus hukum di negara tempatnya bekerja. Pertama, ia mengatakan, pemerintah bakal meningkatkan kualitas negosiasi bilateral untuk memastikan skema perlindungan pekerja migran di luar negeri menjadi lebih baik.

"Kedua, terus perbaiki tata kelola kita di dalam negeri," ujarnya.

Ketiga, ia menyatakan, pemerintah mendorong para calon tenaga kerja yang akan berangkat ke luar negeri memiliki daya saing lebih. Menurutnya, hal tersebut dapat menekan risiko terjadinya kasus hukum yang melibatkan TKI di luar negeri.


Sebelumnya, Migrant Care menyebut ada dua TKI yang akan dieksekusi mati di Arab Saudi, yaitu Tuty Tursilawati dan Eti binti Toyib. Kedua TKI asal Majalengka, Jawa Barat, itu tengah menunggu eksekusi mati setelah pada 2010 divonis bersalah karena kasus pembunuhan, serupa dengan Zaini Misrin yang dieksekusi pada Minggu (18/3) kemarin.

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dkp)
FOKUS BERITA: TKI Dipancung di Saudi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed