DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 10:20 WIB

Paus Sperma yang Terdampar di Pantai Buleleng Bali Berbobot 10 Ton

Herianto Batubara - detikNews
Paus Sperma yang Terdampar di Pantai Buleleng Bali Berbobot 10 Ton Paus sperma terdampar di pantai Buleleng, Bali. (istimewa)
Jakarta - Bangkai seekor paus sperma ditemukan terdampar di pantai wilayah Kabupaten Buleleng, Bali, Senin (19/3/2018). Paus berjenis kelamin betina ini memiliki berat sekitar 10 ton.

"Panjangnya kurang-lebih 15 meter dan beratnya kurang-lebih 10 ton. Ini paus sperma berjenis kelamin betina," kata Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2018).


Hengky menerangkan kondisi bangkai paus sperma yang terdampar itu telah diperiksa. Pemeriksaan dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng serta dosen dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Iwan Setia Budi.

Belum ada kesimpulan soal penyebab matinya paus sperma tersebut. Sampel dari bangkai paus telah diambil untuk diteliti. Namun mamalia yang juga disebut paus kepala kotak (Physeter macrocephalus) ini diperkirakan sudah mati selama sekitar seminggu.


"Menurut keterangan dosen yang melaksanakan pemeriksaan, paus tersebut diperkirakan mati kurang-lebih dalam kurun waktu satu minggu. Bagian perut paus tersebut sudah dalam keadaan terbuka itu diakibatkan karena dimakan oleh ikan hiu sehingga isi perut terburai," jelasnya.

Wakapolsek Sawan, Polres Buleleng, Iptu Ida Bagus Astawa, mengatakan hal senada. Menurutnya, paus tersebut sudah ditarik lagi ke tengah laut karena bau busuk yang menyengat. Opsi penguburan sulit dilakukan karena terkendala alat berat yang sulit masuk ke lokasi.


Paus ditarik dengan perahu nelayan ke tengah laut agar menjadi makanan ikan.

"Awalnya ada tiga opsi. Ada yang mau dibakar, dikubur, atau dibawa lagi ke laut. Kalau dikubur, harus dalam dan perlu ekskavator. Karena itu paus sudah busuk dan bau, dan peralatan terbatas, akhirnya ditarik pakai perahu nelayan ke tengah laut," ujarnya saat dihubungi detikcom kemarin.
(hri/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed