DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 09:55 WIB

Adiguna Sutowo Dipanggil KPK Terkait Kasus Emirsyah Satar

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Adiguna Sutowo Dipanggil KPK Terkait Kasus Emirsyah Satar Foto: Gedung baru KPK (Dhani-detikcom)
Jakarta - KPK memanggil pengusaha Adiguna Sutowo sebagai saksi terkait kasus pengadaan mesin dan pesawat PT Garuda Indonesia. Dia akan diminta keterangan untuk tersangka mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Selain Adiguna, KPK juga memanggil 2 saksi lainnya. Saksi tersebut antara lain Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis dan Manajemen Risiko PT Garuda Indonesia Achirina serta seorang karyawan swasta Widhi Darmawan.

"Adiguna Sutowo dan 2 saksi lainnya akan diminta keterangan untuk menelusuri peristiwa suap atas tersangka ESA (Emirsyah Satar)," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (20/3/2018).


Emirsyah Satar ditetapkan sebagai tersangka karena menerima suap terkait pengadaan mesin pesawat Rolls-Royce dan pesawat Airbus SAS untuk PT Garuda Indonesia. Emirsyah diduga menerima suap lewat Soetikno Soedarjo, yang merupakan beneficial owner Connaught International Pte Ltd.


Suap itu diberikan Soetikno dalam bentuk uang sejumlah 1,2 juta euro dan USD 180 ribu. Selain uang, Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk barang yang tersebar di Indonesia dan Singapura senilai USD 2 juta.
(nif/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed