DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 21:19 WIB

Sandi: Tipiring Jadi Opsi Sanksi Kecelakaan Rusun Pasar Rumput

Indra Komara - detikNews
Sandi: Tipiring Jadi Opsi Sanksi Kecelakaan Rusun Pasar Rumput Foto: Lokasi orang tertimpa besi proyek rusunawa Pasar Rumput (Indra-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sudah berbicara dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Priyono untuk membahas evaluasi serta opsi sanksi dalam kecelakaan rusunawa Pasar Rumput. Salah satu sanksi yang diusulkan yakni tindak pidangan ringan (tipiring).

"Salah satu usulannya tadi, tapi masih dikaji terus, dilihat landasannya, regulasinya. Salah satu yang sempat terkemuka tadi adalah tipiring, tindak pidana ringan," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).


Sandiaga mengatakan usulan sanksi tersebut masih belum final. Sebab, Sandiaga dan Priyono masih mengkaji kemungkinan pelanggaran SOP dari pihak PT Waskita Karya selaku kontraktor proyek.

"Kita masih tunggu hasil evaluasi tapi juga Pak Kadisnaker mengusulkan karena ini sudah berkali-kali, disiapkan beberapa opsi sanksi," ujarnya.


"Sanksinya nanti akan disampaikan seperti apa. Tapi kita ingin mengkomunikasikan bahwa ini justru adalah saat kita melihat review standard operating prosedur daripada proyek-proyek yang ada di DKI yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, infrastruktur agar terus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja," sambung Sandiaga.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta pemerintah memberikan sanksi kepada PT Waskita. Sanksi dinilai penting, apalagi sudah ada tujuh proyek yang dikerjakan PT Waskita mengalami insiden kecelakaan kerja dalam kurun setahun terakhir.


"Tentunya, kecelakaan kerja ini tidak boleh terjadi lagi. Jangan sampai kecelakaan terjadi, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. Selain harus menginvestigasi, pemerintah harus memberikan sanksi kepada PT Waskita," tegas Taufik di Jakarta, Senin (19/3).

Terkait kecelakaan ini, polisi kembali melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di proyek Rusun Pasar Rumput. Polisi ingin pastikan ada-tidaknya kelalaian dalam kecelakaan besi yang menimpa warga itu.

[Gambas:Video 20detik]


Potongan besi ukuran 3 meter jatuh dan menimpa warga di Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (18/3). Besi tersebut menimpa Tarminah (54) yang sedang berbelanja di pasar tersebut.

Tarminah sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Namun sayang, nyawanya tak terselamatkan.
(idn/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed