DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 19:59 WIB

Bantah Aniaya Bocah M, Ibu Asuh akan Laporkan Balik LPAI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Bantah Aniaya Bocah M, Ibu Asuh akan Laporkan Balik LPAI Ibu asuh akan laporkan balik LPAI (Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Pengacara Candri Widarta (60), Thomas Edison, menegaskan kliennya tak pernah melakukan kekerasan terhadap anak asuhnya M alias F (14) di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat. Thomas pun berencana melaporkan balik Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) yang telah mempolisikan kliennya.

"Nanti kita akan musyawarahkan dulu dengan beliau ada beberapa pihak yang kami klarifikasi untuk terkait kita laporkan. Yang pasti LPAI akan kita laporkan," kata Thomas di Mapolda Metro Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018).

Pernyataan itu disampaikan oleh Thomas saat mendampingi Candri menjalani pemeriksaan di Ditkrimum Polda Metro Jaya. Selama kurang lebih 7 jam, Candri dicecar sekitar 21 pertanyaan oleh penyidik.



"Materi seputar tentang anak. Karena hari ini berita terhadap dia luar biasa. Penganiayaan, eksploitasi anak segala macam luar biasa. Dan itu kita jelaskan kepada penyidik," tutur Thomas.

Thomas mengatakan kliennya telah menyampaikan klarifikasinya soal informasi yang berkembang perihal dugaan kekerasan terhadap anak. Menurutnya, Candri merawat anak M dan keempat bocah lainnya untuk kemanusiaan.

"Kami klarifikasi apa yang diberitakan oleh media itu tidak benar. Contohnya tentang penganiayaan. Bagaimana oma (Candri) ini sudah merawat anak sejak 15 tahun tinggal di hotel, diberikan penghidupan yang layak. Dijaga, dididik dengan baik, dan dia dianggap seorang penjahat itu nggak bisa," tuturnya.



Candri sebelumnya dilaporkan ke polisi atas dugaan kekerasan terhadap salah satu anak asuhnya M oleh LPAI. M awalnya kabur dari Hotel Le Meridien, tempat tinggalnya selama ini bersama Candri.

Kepada pihak LPAI, M menceritakan kekerasan psikis seperti disuruh tidur di kamar mandi oleh ibu asuhnya. M bisa ke LPAI karena diantar oleh Rini, seorang perempuan yang tadinya berniat mengasuhnya.


(knv/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed