Sidang Setya Novanto

Politikus Golkar Sebut Setya Novanto Pelobi Ulung

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 19 Mar 2018 12:05 WIB
Suasana persidangan Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPP Golkar Freddy Latumahina menyebut Setya Novanto sebagai pelobi ulung. Keahlian bernegosiasi serta lobi itu disebut Freddy adalah salah satu prestasi Novanto.

"Prestasi beliau yang sangat tinggi adalah beliau sangat ahli dalam bernegosiasi itu terkenal. Saya pribadi mengistilahkan dalam situasi saat ini hanya beliaulah pelobi yang terbaik," kata Freddy ketika memberikan keterangan sebagai saksi meringankan untuk Novanto dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).


"Dengan kata lain, beliau pelobi yang ulung," imbuhnya.

Freddy menyebut lobi-lobi yang dilakukan Novanto dalam hal positif. Menurutnya, tidak ada lobi yang dilakukan Novanto untuk mendapatkan proyek tertentu.


"Lobi itu dalam hal positif tentunya. Hasil lobi beliau itu terasa sekali bagaimana hubungan DPR dengan presiden sehingga begitu mesra hubungan legislatif dengan eksektutif bisa kita lihat. Itu hasil lobi. Bagaimana pajak bisa diselesaikan, kebijakan luar negeri bisa diselesaikan, Kapolri bisa diselesaikan. Saya kira hanya Novanto yang bisa melakukan," ujar Freddy.

"Nggak pernah dengar (lobi untuk dapatkan proyek). Maksud saya (lobi itu) untuk kegiatan politik," ucap Freddy.

Freddy merupakan satu dari 4 orang yang dihadirkan Novanto sebagai saksi a de charge atau meringankan. Tiga orang lainnya yaitu Melki Laka Lena selaku Ketua DPD I Golkar NTT, Dian Puji Simatupang sebagai ahli hukum keuangan serta seorang lagi dari DPR yaitu Kadir Johnson Rajagukguk sebagai Kepala Badan Keahlian DPR.

[Gambas:Video 20detik]

(haf/dhn)