DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 11:01 WIB

TNI Ikut Berjibaku Angkat Sampah di Teluk Jakarta

Eva Safitri - detikNews
TNI Ikut Berjibaku Angkat Sampah di Teluk Jakarta TNI Ikut Bantu Pembersihan Kawasan Teluk Jakarta (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Memasuki hari ketiga, petugas masih berjibaku mengangkut sampah di Teluk Jakarta, kawasan Muara Angke, Jakarta Utara. Alat berat dan kapal dikerahkan untuk mengangkut sampah.

Pantauan detikcom, ada ratusan petugas yang mengangkut sampah di kawasan Dermaga Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018) pukul 10.00 WIB. Pihak TNI juga ikut membantu.

"Petugas hari ini ada 100 orang lebih, dibantu sama UPK Badan Air, Sudin LH Jakarta Utara, sama ada dari TNI. Sekarang sudah berkurang sampahnya, sudah ada alat berat juga. Jadi lumayan cepatlah," kata salah satu petugas Sudin LH Kepulauan Seribu, Dian Haryanto (28), di lokasi.


TNI Ikut Bantu Pembersihan Kawasan Teluk JakartaTNI Ikut Bantu Pembersihan Kawasan Teluk Jakarta (Eva Safitri/detikcom)

Di lokasi terlihat ada 1 unit ekskavator Spider M540 milik UPK Badan Air dan 2 unit kapal fiber. Sebanyak 5 truk juga disiagakan untuk mengangkut sampah-sampah tersebut ke TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Ekskavator Spider M540Ekskavator Spider M540 (Eva Safitri/detikcom)

Para petugas dibantu TNI bahu-membahu mengangkut sampah-sampah tersebut. Para personel TNI ini berasal dari Direktorat Zeni Angkatan Darat (Ditziad). Kondisi sampah sendiri sudah terlihat jauh berkurang dibanding pada Sabtu (17/3). Sampah sudah terlihat bercampur dengan lumpur berwarna kehitaman.


"Dari TNI personel 30 orang, satu peleton ya, dari direktorat Zeni salah satu bagian dari TNI, cuma kan kita biasa kerja di bagian konstruksi. Kemarin kita dapat tugas bantu atasi sampah ini, kita kerja sama juga sama kodim, karena kodim yang tahu wilayahnya dan permasalahannya," kata Kabag Pamops Direktorat Zeni Angkatan Darat Mayor CZI Yoga Febrianto.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed