DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 08:23 WIB

13 Anak Buah Anniesa Jadi Saksi Sidang Kasus First Travel

Zunita Amalia Putri - detikNews
13 Anak Buah Anniesa Jadi Saksi Sidang Kasus First Travel Sidang lanjutan First Travel (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Ketiga bos First Travel Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan menjalani sidang lanjutan hari ini. Sidang diagendakan dengan pemeriksaan saksi dari pegawai First Travel atau anak buah Anniesa.

"Hari ini agendanya pemeriksaan 13 orang saksi, semuanya pegawai First Travel," kata Jaksa Heri Jerman saat dihubungi, Senin (19/3/2018).

Heri menyatakan saksi tersebut bertugas bersama ketiga terdakwa. Salah satu saksi yang akan dihadirkan bekerja sebagai petugas manifest penumpang pesawat untuk umrah.

"Macam-macam mulai dari petugas pembukuan sampai petugas manifest," ujar Heri.





Dalam perkara ini, ketiga didakwa melakukan penipuan atau penggelapan terkait dengan perjalanan umrah.

Andika dan Anniesa disebut menggunakan uang yang telah disetorkan calon jemaah ke rekening First Travel. Uang kerugian calon jemah yang mencapai hampir Rp 1 triliun digunakan untuk membiayai kepentingan pribadi, salah satunya membayar operasional kantor dan membayar gaji karyawan First Travel sebesar Rp 24 miliar per tahun.

Selain itu, uang tersebut juga digunakan untuk membayar fee agen sebesar Rp 200 ribu per jamaah dan membayar fee koordinator sebesar Rp 1 juta per seratus jemaah yang mendaftar di kantor pusat First Travel.

Jaksa juga menyebutkan 63.310 calon jemaah dijanjikan berangkat umrah dengan jadwal keberangkatan November 2016 hingga Mei 2017. Namun gagal berangkat, akibatnya calon jemaah rugi mencapai hampir Rp 1 triliun.

[Gambas:Video 20detik]


(fai/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed