DetikNews
Minggu 18 Maret 2018, 15:33 WIB

Candri Hanya Miliki Surat Pernyataan Asuhan Anak dari Ortu

Mei Amelia R - detikNews
Candri Hanya Miliki Surat Pernyataan Asuhan Anak dari Ortu Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
Jakarta - Candri Widarta tidak memiliki dokumen adopsi lima anak yang dirawatnya. Wanita berusia 60 tahun itu hanya mengantongi surat pernyataan dari orang tua anak-anak untuk dia jadikan sebagai anak asuh.

"Dokumen adopsi sementara belum ada, hanya ada surat pernyataan dari orang tuanya masing-masing saja saat anak-anak itu diserahkan kepada yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya kepada detikcom, Minggu (18/3/2018).

Candri telah menyerahkan surat pernyataan penyerahan asuhan anak itu kepada penyidik pada saat pemeriksaan Jumat (16/3) lalu. "Yang dia perlihatkan hanya dua saja, sedangkan sisanya menyusul," imbuhnya.

Kelima anak itu juga tidak memiliki akta kelahiran. "Yang ada surat kenal lahir dari bidan atau rumah sakit," cetusnya.

Menurut Candri kepada polisi, anak-anak yang dia adopsi itu berasal dari keluarga yang bermasalah. Ada juga anak yang lahir dalam kondisi terpapar penyakit kelamin.

"Ada yang ibunya melahirkan tanpa suami, ada yang mengalami gangguan jiwa, terus ada yang anak pemulung tapi istrinya banyak jadi diserahkan ke yang bersangkutan. Ada juga yang orang tuanya PSK," tuturnya.

Anak-anak tersebut dirawat oleh Candri sejak lahir. "Kelahirannya ada yang di rumah sakit, ada juga yang di puskesmas," ujarnya.


(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed