Bibit Mangrove Ditanam di Tumpukan Sampah Teluk Jakarta

Zunita Amalia Putri - detikNews
Minggu, 18 Mar 2018 10:50 WIB
Bibit mangrove yang ditanam di tumpukan sampah (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Bibit mangrove ditanam di atas tumpukan sampah di kawasan hutan mangrove Ecomarine, Jakarta Utara. Ada 350 bibit mangrove yang ditanam.

"Kita hari ini tanam 350 pohon mangrove," ucap Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad di lokasi, Minggu (18/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Husein tampak ikut menanam bibit mangrove bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman. Tampak pula, petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara serta Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) turut membantu.


Media tanam bibit mangrove itu berupa sampah yang terurai. Sedangkan, menurut Husein, sampah plastik yang tidak bisa diurai masih terus diangkut.

"Komunitas mangrove mereka sudah sangat berpengalaman ternyata sampah itu tidak selamanya harus dibuang, sampah itu sebagian harus dibuang terutama sampah-sampah plastik tapi sebagian yang sudah terurai yang bukan sampah plastik, nah itu justru sangat berguna menjadi media komunitas untuk menanam mangrove," kata Husein.

"Sampah yang terurai itu dapat menjadi media untuk menanam mangrove. Mangrove sangat diperlukan untuk menahan abrasi," imbuh Husein.

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/dhn)