DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 23:15 WIB

Kompak! Pakai Kapal Patroli Aparat Sisir Sampah di Kepulauan Seribu

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kompak! Pakai Kapal Patroli Aparat Sisir Sampah di Kepulauan Seribu Aparat TNI/Polri dan Pemkab Kepulauan Seribu sisir sampah di perairan Teluk Jakarta (Foto: Dok. Polres Kepulauan Seribu)
Jakarta - Anggota TNI/Polri bersinergi untuk mewujudkan kepedulian atas kebersihan perairan laut di Kepulauan Seribu, Jakarta. Bersama Pemkab Kepulauan Seribu, mereka melaksanakan aksi bersih-bersih laut tiap akhir minggu.

"Bersih-bersih laut ini sudah dilaksanakan selama 5 bulan. Ini bentuk sinergitas TNI/Polri dengan Pemda serta rasa keperdulian dengan lingkungan karena laut merupakan salah satu sumber daya yang sangat diperlukan," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (17/3/2018).

Kegiatan ini dilakukan tiap akhir mingguKegiatan ini dilakukan tiap akhir minggu (Foto: Dok. Polres Kepulauan Seribu)


Dia mengatakan kegiatan Bersih Laut ini dilaksanakan berbarengan dengan Patroli Perairan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat Kepulauan Seribu, khususnya nelayan.

"Sinergitas sangat baik, selain bentuk pelayanan kita juga menjaga lingkungan," ujar Victor.

Kadang jumlah sampah yang diangkut mencapai 2,5 kuintalKadang jumlah sampah yang diangkut mencapai 2,5 kuintal (Foto: Dok. Polres Kepulauan Seribu)


Kegiatan ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. Dalam sekali kegiatan Bersih Laut ini jumlah sampah yang didapat bisa sebanyak 2 kuintal lebih.

"Jumlahnya tak tentu. Kadang bisa sampai 2,5 kuintal," ujar Kasubbag Humas Polres Kepulauan Seribu Iptu Ferry Budiharso dikonfirmasi terpisah.

Kegiatan ini dilakukan di samping patroli lautKegiatan ini dilakukan di samping patroli laut (Foto: Dok. Polres Kepulauan Seribu)


Saat ini sedang menjadi sorotan soal lautan sampah di Teluk Jakarta tengah menjadi sorotan. Hari ini petugas gabungan Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara telah mengangkut sebanyak 16 ton sampah dari lokasi tersebut.

Namun, terlihat tumpukan sampah yang ada di kawasan Hutan Mangrove Ecomarine itu tak jauh berkurang. Pembersihan ini akan dilanjutkan pada Minggu (18/3) besok.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed