DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 11:06 WIB

Kiat Jadi Orang Sukses ala Ketum PPP

Moch Prima Fauzi - detikNews
Kiat Jadi Orang Sukses ala Ketum PPP Foto: Ketua Umum PPP Rommahurmuziy (Dok. PPP)
Mojokerto - Menjadi sukses merupakan impian semua orang. Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Rommy) memberikan tips menjadi orang sukses.

"Rumus menjadi orang sukses itu 3N yaitu nasab (garis keturunan), nishob (ukuran), dan nasib. Yang bisa mengubah nasib yakni ikhtiar dan doa," ujar Rommy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/3/2018).

Rommy mengatakan itu saat menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional di Pondok Pesantren Amanatnya Ummah, di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (16/3/2018). Rommy berbicara di depan para santri.



Untuk menjadi sukses, kata Rommy, harus berpegang teguh pada ciri santri. Sebab menurut dia, tantangan santri saat ini lebih berat ketimbang zaman dahulu.

Ciri santri yang dijelaskan Rommy yakni Sin dari satrul al aurah (menutup aurat), Nun dari naibul ulama (wakil dari ulama), Ta dari tarku al ma'shi (meninggalkan kemaksiatan) dan Ra dari raisul ummah (pemimpin umat).

Menurutnya, kesuksesan tidak hanya keberhasilan di dunia tapi juga di akhirat. Keduanya bisa dicapai dengan ilmu. Rommy pun menekankan kepada para santri agar terus belajar dan mencontoh Nabi Muhammad.

"Nabi Muhmmad adalah contoh sempurna. Sebagai seorang manusia sukses dan role model terbaik manusia yang memiliki berbagai fungsi mulai dari sebagai politisi, pemimpin negara, bahkan pengusaha," ujarnya.



Ia juga berpesan agar para santri untuk menghormati orang tua. Sebab, kata Rommy, doa paling mustajab (dikabulkan) adalah doa dari orang tua.

Selain itu Rommy juga menjelaskan lima jenis manusia berdasarkan manfaatnya. Pertama, manusia wajib (menyelesaikan persoalan), kedua manusia sunah (memberi manfaat), ketiga manusia mubah (ada atau tidak ada sama), keempat manusia makruh (merepotkan dan perginya menyelesaikan persoalan), terakhir manusia haram (membawa persoalan).



(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed