DetikNews
Jumat 16 Maret 2018, 16:39 WIB

Sandiaga Usul Dana Zakat untuk Bangun Hotel dan Rumah Sakit

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandiaga Usul Dana Zakat untuk Bangun Hotel dan Rumah Sakit Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan potensi dana zakat di Indonesia sangat tinggi. Sandiaga mengimpikan dana zakat bisa digunakan untuk membangun hotel hingga rumah sakit.

"Jadi itu yang ingin saya sampaikan bahwa potensi ekonominya sangat besar. Semangat untuk membangun berdasarkan sesuatu yang produktif juga ada. Kami bermimpi juga Bazis DKI bisa punya hotel, rumah sakit, punya juga restoran. Aset-aset produktif yang insyaallah berguna untuk pembangunan ekonomi masyarakat," kata Sandiaga di Hotel Alia, Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018).



Namun, Sandiaga juga menyayangkan dari potensi Rp 70 triliun hanya terserap Rp 1 triliun saja. Potensi zakat tersebut seandainya bisa dimaksimalkan dapat meningkatkan lapangan kerja.

"Karena kalau kami lihat dari setengahnya saja, Rp 35 triliun itu jumlah lapangan kerja yang bisa hadir. Tadi saya coba kalkulasi, kalau alokasi terhadap penyerapannya 50 persen saja, kami bisa menyerap antara 10-15 ribu lapangan kerja baru," jelasnya.



Sandiaga mendukung wacana pemotongan gaji PNS 2,5 persen untuk zakat. Menurutnya, saat ini di DKI sudah menerapkan hal tersebut.

"Zakat itu kan walaupun kami ketahui sebagai kewajiban bagi umat muslim. Tapi yang selama ini dilakukan adalah voluntary (sukarela). Begitu itu menjadi mandatory (kewajiban) sebetulnya bagus. Tapi ini perlu sosialisasi yang bagus. Kalau di DKI kan sudah berjalan. Sudah tidak bermasalah itu," pungkasnya.


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed