DetikNews
Jumat 16 Maret 2018, 13:51 WIB

Jadi Caleg PAN, Eggi Sudjana: Karena Muhammadiyah dan Amien Rais

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jadi Caleg PAN, Eggi Sudjana: Karena Muhammadiyah dan Amien Rais Eggi Sudjana jadi caleg PAN (Dok. Istimewa)
Jakarta - Pengacara Habib Rizieq, Eggi Sudjana bergabung dan menjadi caleg dari PAN. Eggi mengaku punya beberapa alasan terkait keputusan yang dibuatnya ini.

"Pertimbangannya, saya dari keagamaan saya Muhammadiyah. Lalu, sepengetahuan saya, Muhammadiyah itu afiliasi politiknya ke PAN. Dan saya juga sudah punya kedekatan dengan Amien Rais," ujar Eggi saat dihubungi, Jumat (16/3/2018).

Eggi memandang spesial sosok Amien Rais yang pernah menjadi Ketua PP Muhammadiyah dan Ketum PAN. Dia mengatakan selama berinteraksi di Persaudaraan Alumni 212, dia makin yakin gabung PAN karena merasa ada kesamaan visi.


"Di dalam Persaudaraan Alumni 212. Pak Amien Ketua Dewan Penasihat, saya anggota beliau. Jadi selain intensif di PA 212, banyak bicara dengan beliau, dari gagasannya, saya pikir kok ada visi sama soal perjuangan umat," ucap dia.

"Terus kata Pak Amien, di Surat Yusuf ayat 55, Nabi Yusuf mengajukan diri sebagai bendahara negara. Jadi lewat hadis-hadis yang bilang jangan minta jabatan, ternyata ada (dalil) yang memberi contoh untuk memberanikan diri," sambung Eggi.

Rencananya Eggi akan maju di pemilihan legislatif tingkat DPR RI. Dia akan maju di daerah pemilihan DKI 2 yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri.


"Kebetulan saya punya akses di luar negeri, terutama buruh. Saya punya (akses) Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia," tuturnya.

Satu alasan lain yang membuatnya maju lewat PAN, kata Eggi, karena Partai Pemersatu Bangsa (PPB) tak lolos sebagai partai peserta Pemilu 2019 karena persoalan administrasi. Menurutnya menjadi caleg di 2019 jadi hal yang lebih berguna daripada sibuk mengurus legalitas.

"Alasan keempat karena PPB tidak lolos verifikasi KPU. Karena tidak lolos, sayang 5 tahun tanpa fungsional. Saya rela tinggalkan PPB untuk fokus kerja yang lebih besar," tutur dia.

Terkait proses pendaftaran di PAN, Eggi mengaku masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi hingga akhir Maret nanti. "Syarat masih ada harus melengkapi seperti keterangan kesehatan dan kelakuan baik. Tapi ijazah saya sebagai doktor sudah. Nanti akan dilengkapi sampai akhir Maret," ungkap Eggi.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed