DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 21:54 WIB

Surabaya Black Hat Pernah Retas Situs Pemkab di Jatim

Mei Amelia R - detikNews
Surabaya Black Hat Pernah Retas Situs Pemkab di Jatim Ilustrasi (Foto: Internet)
Jakarta - Komunitas hacker 'Surabaya Black Hat' (SBH) mengklaim pernah meretas situs pemerintah kabupaten di Jawa Timur pada tahun 2016. Nama salah satu tersangka hacker yang ditangkap polisi, inisial KSP (21), ada di footer tampilan situs yang diretas.

"Kami mendapatkan data bahwa Surabaya Black Hat ini pernah meretas situs pemerintah kabupaten di Jawa Timur tahun 2016," ujar Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Pasaribu kepada detikcom, Kamis (15/3/2018).


KSP sendiri mengaku tidak pernah menjebol sistem keamanan IT milik instansi di Indonesia. Kanit IV Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Fian Yunus mengatkan, pihaknya masih menyelisik keterangan KSP itu.

"Sementara dia ngakunya enggak pernah meretas sistem website di Indonesia. Nanti kami dalami kembali, karena nama dia sendiri tercantum pada footer di situs Pemkab Jatim yang di-hack itu," tutur Fian Yunus.



Surabaya Black Hat meretas situs Pemkab dari wilayah Jawa Timur dengan metode defacing. Tampilan web Pemkab Surabaya berubah menjadi logo Surabaya Black Hat.



Pada tampilan situs tersebut, Surabaya Black Hat menuliskan pesan moral: "INDONESIA DARURAT MORAL-KRISIS MORAL YANG TERJADI SAAT INI AKAN SEMAKIN BERAT JIKA TIDAK MENDAPATKAN PERHATIAN SERIUS DARI SEMUA UNSUR BANGSA".

Diinformasikan, bahwa SBH juga pernah meretas beberapa situs instansi di dalam negeri yang memiliki domain go.id dan ac.id.


(mei/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed