DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 17:24 WIB

Sulit Kirim Ransum ke Kep Seribu, DKI Tunggu Hibah Kapal Kemenhub

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sulit Kirim Ransum ke Kep Seribu, DKI Tunggu Hibah Kapal Kemenhub Tugu Kepulauan Seribu (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengaku kesulitan mengirimkan bahan makanan atau ransum ke Kepulauan Seribu karena kapal penumpang tidak memadai. Dishub DKI menunggu hibah Kemenhub untuk mendapatkan kapal barang.

"Kapal tidak bisa mengangkut untuk sekian ton. Oleh karena itu kami menunggu. Kebetulan kan tahun ini kita mendapat hibah kapal nih dari Kemenhub. Bukan pengadaan dari Dishub. Kalau seumpama angkut orang oke, tapi kalau ngangkut barang kita tidak didesain untuk itu," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).


Andri menuturkan kapal yang digunakan selama ini rusak karena kelebihan muatan. Dia menuturkan proses kapal tinggal menunggu serah terima dari Kemenhub.

"Sekarang ini proses penyerahterimaan, kita dapat satu kapal. Kalau GT-nya kurang jelas tapi yang jelas ini kapal hanya untuk 20 penumpang tapi memang banyak untuk barang. Hampir sekitar 200 ton bisa masuk ke sana," terangnya.


Andri menuturkan kapal tersebut rencananya akan diberikan Pemprov DKI pada April mendatang. Dia menjelaskan akan menunggu lima kapal lainnya yang sebelumnya sudah diajukan.

"Kalau tidak salah di bulan April sudah bisa kita terima karena itu pengadaan tahun 2017. Nah kita memang waktu itu mengusulkan sekitar 6 kapal. Tapi baru disetujui satu kapal karena pengadaannya bertahap dari Kemenhub," jelasnya.
(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed