DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 16:14 WIB

BMKG: Palembang Lebih Panas dari Jakarta Saat Asian Games

Zunita Amalia Putri - detikNews
BMKG: Palembang Lebih Panas dari Jakarta Saat Asian Games Jumpa Pers BMKG soal perhelatan Asian Games 2018 Foto: (Zunita-detikcom)
Jakarta - Deputi Meteorologi BMKG Mulyadi Rahadi Prabowo mengatakan, cuaca di Jakarta dan Palembang saat Asian Games tidak jauh berbeda. Namun cuaca di Palembang diperkirakan akan sedikit lebih panas.

"Memang bulan Agustus puncak musim kemarau dan kebetulan juga kita ada hajat Asian Games Jakarta-Palembang. Secara umum Palembang akan lebih panas sedikit dibanding dari Jakarta. Jakarta kisaran 24 (derajat celcius-red) hingga 31 suhunya," kata Rahadi kepada wartawan di Gedung C BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Rahadi menjelaskan, Palembang lebih panas karena wilayahnya yang dekat dengan laut. Cuaca saat Asian Games di Palembang diperkirakannya mencapai suhu 32 hingga 33 derajat.



"Range-nya Palembang suhunya bisa 32 hingga 33 derajat, Kenapa palembang relatif lebih hangat? Karena secara topografi memang posisi di Palembang kan datar dan menghadap ke timur, relatif daerah yang dekat laut itu akan cenderung lebih panas dibandingkan yang jauh dari laut," jelas dia.

Rahadi juga memprediksi adanya variasi angin pada bulan Agustus dan September di titik lokasi terkait Asian Games.

[Gambas:Video 20detik]


"Secara umum Agustus dan September memang anginnya angin timuran tapi pada skala kecil bisa saja ada variasi anginnya di lokasi terkait. Untuk detailnya kita sudah perkiraan yang sudah disampaikan untuk yang lebih mikronya," kata dia.

Sementara itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menambahkan, BMKG telah menyiapkan program khusus untuk memantau prakiraan cuaca pada saat Asian Games berlangsung.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed