PDIP Masih Tunggu Keputusan Megawati Soal Nama Pimpinan Baru DPR

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 15 Mar 2018 14:06 WIB
Foto: Megawati Soekarnoputri. (Dok PDIP).
Foto: Megawati Soekarnoputri. (Dok PDIP).
Jakarta - Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman menyatakan partainya telah menerima surat permintaan pengisian jabatan pimpinan DPR. Surat itu sudah diteruskan ke DPP PDIP.

"Kita sudah menerima surat dari pimpinan DPR terkait permintaan nama dari PDIP untuk mengisi jabatan pimpinan DPR sesuai dengan revisi undang-undang MD3. Surat tersebut juga sudah kita teruskan ke DPP Partai," kata Alex di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Terkait nama, Alex mengaku hal itu merupakan keputusan ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia berharap Selasa (20/3) mendatang sudah ada pimpinan baru DPR yang dilantik.


"Dalam rentan waktu yang ada ini kami berharap Selasa sudah ada pelantikan untuk pimpinan DPR yang baru," ujarnya.

Menurur Alex, Megawati sangat mengenal kapasitas dari semua anggota DPR Fraksi PDIP. Menurutnya, Megawati akan memilih dengan bijaksana.

"Saya rasa hubungan ibu (Megawati) dengan kami di DPR ini bukan hanya hubungan organisasi tetapi hubungan ibu dan anak. Ibu sangat mengenal sekali anak-anaknya yang ada disini luar dalam. Dan pasti keputusan ibu adalah sangat arif, bijaksana, dan paling pas menduduki pimpinan DPR," ucap Alex.


Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan Wakil Ketua DPR yang baru akan dilantik pada Selasa (20/3). Namun ia mengaku belum ada nama yang diserahkan oleh Fraksi PDIP.

"Pelantikan pimpinan DPR dari F-PDIP kami sudah menjadwalkan hari Selasa (20/3) dalam sidang paripurna pekan depan," kata Bambang Soesatyo hari ini.

Sejumlah nama anggota Fraksi PDIP muncul sebagai kandidat pimpinan baru DPR. Namun yang paling santer terdengar adalah nama Utut Adianto yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP. (haf/elz)