DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 20:11 WIB

Ada Gizi Buruk, Mensos Minta Pemda Sisir Warga Miskin

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Ada Gizi Buruk, Mensos Minta Pemda Sisir Warga Miskin Mensos Idrus Marham di Lebak, Banten (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Lebak - Menteri Sosial Idrus Marham meminta seluruh jajaran Dinas Sosial daerah menyisir warga miskin dan berkebutuhan khusus. Perintah ini disampaikan usai Idrus berkunjung ke Lebak menengok 4 anak dalam satu keluarga mengalami gizi buruk.

"Saya sampaikan selalu ke Pemda, Pemkab, Pemkot selalu rajin menyisir desa-desa kampung dan pastikan bahwa semua rakyat terurusi," kata Idrus di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (14/3/2018).


Idrus mengatakan setiap elemen dari Dinas Sosial harus tahu warga yang tidak terurusi. Warga juga diminta melapor ke Dinsos jika menemukan kasus serupa di Lebak.

Dia mengatakan Kemensos sudah mengumpulkan kepala dinas se-Indonesia untuk mengantisipasi warga yang butuh bantuan.


"Salah satu tujuannya adalah rajin ke bawah, koordinasi camat, desa, sisir kampung, dan inventarisir," paparnya.

Dia meminta Dinsos segera mendaftarkan warga yang kurang mampu untuk masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).


Idrus berada di Lebak setelah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Serang. Idrus kemudian bertemu dengan keluarga Ade Muhammad Ishaq. Keluarga asal Desa Cibuah, Kecamatan Warung Gunung Lebak ini memiliki 8 anak yang 4 di antaranya mengalami gizi buruk.

"Saya mendengar kondisi ini langsung laporkan ke presiden dan langsung mendatangi untuk kita obati dan bawa ke rumah sakit," kata Idrus.
(bri/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed