DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 18:44 WIB

KPK Telusuri Peran Bupati Ngada Marianus Menangkan Tender Penyuap

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Telusuri Peran Bupati Ngada Marianus Menangkan Tender Penyuap Bupati Ngada nonaktif Marianus Sae (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa sejumlah saksi terkait kasus suap Bupati Ngada, NTT, nonaktif Marianus Sae. Penyidik mendalami peran Marianus memenangkan kontraktor penyuapnya di sejumlah tender.

"Kami klarifikasi juga informasi tentang sejauh mana perintah bupati dalam pemenangan perusahaan PT S99 (Sinar 99 Permai) di sejumlah lelang tahun 2016-2017," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (14/3/2018).



Selain itu, KPK terus mendalami rangkaian peristiwa pertemuan, komunikasi tentang proyek dan komisi, serta dugaan aliran dana pada Marianus, yang juga cagub NTT. Menurut Febri, keterangan itu ditelusuri KPK dari 8 saksi yang dilakukan hari ini.

"Unsur saksi (yang diperiksa) dari Kepala DPKAD Kabupaten Ngada, PNS, dan ajudan bupati."

Pemeriksaan saksi itu dilakukan di Polres Manggarai Barat. Febri menyebut sepekan ini tim masih akan melakukan penyidikan di sana.



KPK melakukan OTT pada Minggu (11/2) dan menetapkan dua tersangka, yaitu Bupati Ngada Marianus Sae dan Direktur PT Sinar 99 Permai Wilhelmus Iwan Ulumbu. Marianus diduga menerima Rp 4,1 miliar dari Wilhelmus secara bertahap, baik secara tunai maupun lewat ATM.

Uang itu diduga terkait proyek-proyek infrastruktur yang dikerjakan Wilhelmus selaku kontraktor. Selain itu, KPK memprediksi uang suap itu digunakan Marianus untuk kepentingan maju dalam Pilgub NTT 2018.
(nif/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed