DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 15:16 WIB

Saksi Sindir Bos First Travel: Aduh, Anniesa Orang Kaya Baru Nih

Zunita Amalia Putri - detikNews
Saksi Sindir Bos First Travel: Aduh, Anniesa Orang Kaya Baru Nih Zuherial (berbatik) saat bersaksi di sidang bos First Travel, Rabu (14/3/2018). (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Zuherial kecewa berat gagal berangkat umrah dengan First Travel meski sudah melunasi pembayaran. Zuherial tetap menuntut uang yang sudah disetorkan dikembalikan.

"Kita tetap (menuntut First Travel) mengembalikan uang," ujar Zuherial dalam sidang lanjutan bos First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Jl Boulevard Nomor 7, Cilodong, Rabu (14/3/2018).



Zuherial mendaftarkan empat orang anggota keluarganya untuk perjalanan umrah dengan pelunasan biaya pada Januari 2016. Di masa tunggu keberangkatan, purnawirawan polisi ini diminta membayar uang tambahan yang disebut biaya administrasi.

 Zuherial (berbatik) saat bersaksi di sidang bos First Travel, Rabu (14/3/2018) Zuherial (berbatik) saat bersaksi di sidang bos First Travel, Rabu (14/3/2018). (Zunita Amalia Putri/detikcom)


Tapi keberangkatan, yang dijadwalkan pada Maret 2017, tak pernah terealisasi. Saat datang ke kantor First Travel, Zuherial malah diminta membayar lagi sebesar Rp 2,5 juta.

"Saya ancam saja, kalau saya nggak berangkat, ini saya polisi, gaji pensiun saya pakai ini. Saya bilang tidak takut dengan preman juga," katanya.



Zuherial menuntut agar uang pembayaran umrah dikembalikan. Di persidangan Zuherial mengomentari bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan yang menjadi terdakwa.

"Saya sedih, Pak Andika. Andika sebenarnya masa depannya bisa cemerlang, tapi uang jemaah ditipu, saya sabar. Aduh apalagi Anniesa ini orang kaya baru, nih. Kalau nggak bisa balikin (uang), saya minta dihukum seberat-beratnya, Yang Mulia," ujar Zuherial.



Bos First Travel Andika, Anniesa dan Kiki Hasibuan, didakwa melakukan penipuan atau penggelapan terkait perjalanan umrah dan melakukan tindak pidana pencucian uang dengan pembelian aset menggunakan uang setoran calon jemaah.

Ada sejumlah paket umrah yang ditawarkan First Travel. Pertama, paket umrah promo dengan harga Rp 14,3 juta; kedua, paket umrah reguler yang harganya Rp 26,613 juta; dan paket VIP dengan harga per orang Rp 54 juta.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed