DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 14:31 WIB

Rekaman Sadapan Diputar, Zumi Zola Bantah Bicara Duit Ketok APBD

Ferdi Almunanda - detikNews
Rekaman Sadapan Diputar, Zumi Zola Bantah Bicara Duit Ketok APBD Zumi Zola saat berada di gedung KPK. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jambi - Jaksa pada KPK memutar rekaman sadapan perbincangan telepon Gubernur Jambi Zumi Zola dengan Plt Sekda Erwan Malik. Zumi menepis adanya pembicaraan duit ketok terkait rancangan APBD.

Jaksa memutar rekaman sadapan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jambi terkait dengan sejumlah percakapan Zumi Zola dengan Erwan. Namun Zumi membantah membicarakan duit ketok dalam pemulusan pembahasan APBD 2018.



"Percakapan saya itu dengan Pak Erwan Malik bukanlah terkait permasalahan uang ketok palu RAPBD Jambi, melainkan percakapan terkait pembahasan lain," kata Zumi saat bersaksi di persidangan, Rabu (14/3/2018).

Percakapan telepon Zumi Zola dengan Erwan, yang menjadi terdakwa, disadap KPK pada 24 September 2017. Zumi mengaku tidak tahu-menahu telepon selulernya disadap.

"Saya tidak tahu, Pak," jawabnya.

[Gambas:Video 20detik]


Percakapan yang disadap itu terjadi beberapa hari sebelum sidang paripurna pengesahan RAPBD pada 24 November 2017. Percakapan membicarakan persiapan menjelang paripurna.

"Saya merasa gelagatnya 'ada minta'. Ini karena hampir setiap paripurna tidak pernah kuorum, lalu paripurna dilama-lamain," ujar Zola menjelaskan percakapannya di telepon.

"Di bulan Oktober, Pak Erwan menghadap dan menyampaikan ada permintaan Dewan. Pak Erwan pun tidak mau memenuhi," sambung Zola.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed