DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 13:49 WIB

Novanto ke Keponakan: Apa Benar Kasih Uang ke Anggota Dewan?

Faiq Hidayat - detikNews
Novanto ke Keponakan: Apa Benar Kasih Uang ke Anggota Dewan? Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi/Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Setya Novanto mengaku pernah bertemu keponakannya Irvanto Hendra Pambudi dan Andi Narogong di kediamannya. Dalam pertemuan, Novanto langsung bertanya ke Irvanto soal bagi-bagi duit ke anggota dewan.

Awalnya, Andi Narogong menyampaikan Irvanto diminta untuk membagikan uang ke beberapa pihak. Sebab Andi menjanjikan Irvanto akan memperoleh pekerjaan proyek pengadaan e-KTP.





"Saya tanya kepada Andi, kenapa pakai saudara Irvanto kan itu ponakan saya. Jawaban Andi pada saat itu adalah dia konsorsium menjanjikan Irvan meskipun kalah digantikan konsorsium. Nah saya penasaran pada waktu itu karena lupa, Andi dan Irvanto pernah datang saya tanya karena ada catatan Andi kepada dewan A, B, C yang sudah disampaikan ke penyidik," kata Novanto ketika menanggapi kesaksian Irvanto dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

"Irvan apakah benar ngasih beberapa dewan, kemudian jawabannya saya cuma disuruh antar si Andi. Masih ingat nggak?" tanya eks Ketua DPR ini kepada Irvanto.

"Nggak," jawab Irvanto.

Novanto meminta Irvanto untuk mengingat peristiwa pertemuan itu serta mengenai pembagian uang ke beberapa pihak. Sebab, Andi pernah menyampaikan Irvanto ditugaskan untuk membagikan uang tersebut.

"Kira-kira bulan April dan Mei, coba ingat kembali?" kata Novanto.



Namun Irvanto membantah diperintah Andi Narogong untuk membagikan uang itu. Keponakan Novanto ini juga menyatakan tidak pernah mendapatkan pekerjaan dari Andi Narogong.

"Yang pasti saya tidak mendapatkan pekerjaannya dan kalau Andi perintah untuk kasih beberapa dewan saya tidak pernah ada," ujar Irvanto.

Atas hal itu, Novanto akan menyampaikan jumlah uang yang dibagikan Irvanto ke beberapa pihak kepada penyidik KPK. Dia juga akan menjelaskan hal tersebut saat pemeriksaan terdakwa.



"Jadi itu nanti pada dakwaan minggu depan akan sampaikan jumlah pak Irvan dan apa yang dilakukan Pak Irvan tidak disebutkan. Jadi besok saya serahkan jumlah hampir sama nanti saya serahkan," ujar Novanto.

Dalam perkara ini, Novanto didakwa menerima total uang USD 7,3 juta terkait korupsi proyek e-KTP. Duit itu diterima Novanto melalui tangan Made Oka Masagung dan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.




(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed