DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 11:18 WIB

Hakim Bingung Made Oka Mengaku Lupa Pengiriman Duit e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Hakim Bingung Made Oka Mengaku Lupa Pengiriman Duit e-KTP Foto: Ari Saputra/detikcom
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Majelis hakim merasa heran terhadap saksi Made Oka Masagung, yang lupa menerima uang dari PT Biomorf Mauritius. Made Oka juga mengaku lupa pihak penerima uang yang dikirimnya.

"Anda tidak tahu, betul tidak ingat?" tanya hakim Yanto dalam sidang lanjutan Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

"Iya, ingin mempelajari sama-sama, Yang Mulia," ujar Made Oka.



Yanto mengatakan Made Oka sudah diberi waktu lama untuk mengingat transaksi uang dari Biomorf Mauritius.

"Saya tidak bisa menekan Saudara, mau bohong atau apa, ada akibatnya. Sudah janji mau ingat-ingat, ada yang masuk tapi pas ada yang ambil lupa. Uang dari mana lupa?" kata Yanto.

"Saya ulangi, ada uang USD 1,7 juta, tahu dari Biomorf saat diperiksa penyidik, saya mengakui itu," ujar Made Oka.

Made Oka mengaku sedang mempelajari transaksi yang masuk ke rekening di Singapura. Dia juga meminta penyidik KPK membantunya menyelidiki aliran uang ini dengan menyerahkan semua rekeningnya.



Made Oka mengatakan baru mengetahui ada uang masuk dari Biomorf Mauritius USD 1,7 juta saat menjalani pemeriksaan penyidik KPK. Namun Made Oka mengaku lupa uang itu ditransfer kepada siapa.

"Belum ketemu, saya benar-benar lupa," kata Made Oka.

[Gambas:Video 20detik]



Namun hakim Yanto menilai sudah tidak ada waktu untuk mempelajari transaksi itu. "Ini waktu sudah lama, masih mau dipelajari artinya tidak ada kemajuan," ucap Yanto.

Dalam perkara ini, Novanto menerima total uang USD 7,3 juta terkait korupsi proyek e-KTP. Duit itu diterima Novanto melalui tangan Made Oka Masagung dan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.
(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed