DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 10:56 WIB

Pemkot Palembang akan Gusur Gubuk Liar di Jalur Asian Games

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemkot Palembang akan Gusur Gubuk Liar di Jalur Asian Games Ilustrasi penggusuran (lamhot/detikcom)
Palembang - Pemkot Palembang akan menertibkan gubuk liar yang berdiri di sepanjang jalur lintasan saat Asian Games. Gubuk yang berdiri tanpa izin ini dinilai telah mengganggu ketertiban dan estetika kota.

"Penertiban ini untuk memberikan kesan baik pada tamu-tamu yang akan datang dari berbagai negara saat Asian Games. Kita mau Palembang ini terlihat rapi dan sejalan dengan pesatnya pembangunan infrastruktur saat ini ," kata Pjs Wali Kota Palembang, Ahmad Najib saat ditemui di kantornya Jalan Merdeka, Rabu (14/3/2018).

Dikatakan Najib, penertiban dilakukan mulai dari jalur bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang hingga ke komplek olahraga Jakabaring. Bahkan gubuk dan bangunan berdiri permanen di simpang flyover Tanjung Api-Api juga ikut akan ditertibkan.

"Semua gubuk liar yang di jalur lintasan INASGOC akan kita tertibkan. Termasuk nanti bersamaan dengan penertiban bangunan yang ada di flyover simpang bandara agar tak menganggu ketertiban umum," sambung Najib.

Secara terpisah, Kabag Humas Pemkot Palembang, Amiruddin Sandi menyebut penertiban ini sesuai arahan langsung Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.

"Iya untuk penertiban itu sesuai arahan langsung dari Bapak Gubernur Sumsel. Jadi semua bangunan dan gubuk yang ada di pinggir jalan harus dibereskan semua. Tidak terkecuali juga bangunan yang sudah buruk harus di cat ulang dan ini sudah dibicarakan dengan Dinas Sosial dan Satpol PP," kata Amir.

Selain untuk menjaga estetika, penertiban ini juga sebagai bentuk persiapan Kota Palembang dalam menyambut Asian Games yang akan diselenggarakan Agustus mendatang bersama Jakarta.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed