DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 16:39 WIB

Sandi Sebut Penurunan Tanah di DKI Seperti Tokyo Era 60-an

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandi Sebut Penurunan Tanah di DKI Seperti Tokyo Era 60-an Foto: Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. Fotografer: Muhammad Fida Ul Haq
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut penurunan tanah di Jakarta seperti yang dialami Tokyo pada tahun 1960-an. Sandiaga mengatakan Tokyo berhasil mencegah hal tersebut dengan pipanisasi air yang juga akan ditiru Pemprov DKI Jakarta.

"Tokyo mengalami itu di tahun 60-an dan Tokyo bisa menyetop penurunan muka tanahnya karena menyetop juga pengambilan air tanah dan itu harus diikuti dengan pipanisasi," kata Sandiaga di Kantor Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2018).




Sandiaga mengatakan razia gedung yang menggunakan air tanah secara ilegal diapresiasi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Dia menuturkan akan menggalakkan pipanisasi ke pemukiman warga.

"Dan ini juga diikuti dengan secara massif, kami akan melakukan pipanisasi untuk memberikan sambungan air bersih kepada utamanya perumahan, tapi juga kawasan-kawasan yang belum diberikan layanannya untuk air bersih," jelasnya.


Menurut Sandiaga, Menteri Basuki menyampaikan pengamatannya terkait penurunan air tanah di Jakarta sejak 1993 lalu. Sandiaga menyebut Basuki juga mengapresiasi razia gedung yang melanggar tersebut.



"Pertama kalinya, semenjak Beliau pindah tahun 1993 ke Jakarta. Ada kegiatan dan actionable item atau kegiatan konkret di lapangan untuk menyetop penurunan muka tanah, yaitu dengan mereduksi secara signifikan pengambilan air tanah," terangnya.
(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed