DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 15:03 WIB

Roda Pesawat Amblas ke Pasir, Penumpang Batik Dipastikan Aman

Aditya Mardiastuti - detikNews
Roda Pesawat Amblas ke Pasir, Penumpang Batik Dipastikan Aman Roda ban Batik Air terjerembab ke pasir di Bandara Manokwari (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Pesawat Batik Air 6155 tujuan Sorong terjerembab di atas pasir di Bandara Rendani, Manokwari. Pihak Batik Air memastikan seluruh penumpang selamat.

"Penerbangan ID 6155 dengan rute Bandar Udara Rendani, Manokwari (MKW) menuju Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong (SOQ) yang sediaya akan lepas landas (take off) pada jam 12.50 WIT akan mengalami pembatalan penerbangan," ujar Corporate Communication Strategy Batik Air Danang Mandala Prihantoro kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Danang menjelaskan saat hendak lepas landas, pesawat yang dikemudikan pilot pesawat Kapten Penerbang Rudy Jaya Sakti itu harus putar arah untuk posisi tepat. Saat pesawat berputar, pilot merasakan sesuatu yang tidak lazim dan langsung memberhentikan pesawat dan menemukan roda ban sebelah kanan amblas.

"Pilot memutuskan untuk mengevakuasi seluruh penumpang beserta awak kabin ke gedung terminal bandar udara dengan baik. Seluruh penumpang dan kru pesawat dalam keadaan selamat," terang Danang.


Danang mengatakan saat ini pesawat itu sedang dalam proses evakuasi oleh teknisi Batik Air, pengelola bandar udara, instansi pemerintah dan TNI setempat. Pihak Batik Air juga mengucapkan permohonan maaf akibat insiden tersebut.

"Batik Air menyatakan, mohon maaf kepada para penumpang ID 6155 beserta seluruh pihak yang terganggu dengan adanya kejadian tersebut," jelas Danang.


Insiden ini terjadi penerbangan Batik Air rute Bandar Udara Rendani Manokwari dengan tujuan Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong, Selasa (13/3) pukul 12.50 WIT. Akibat insiden ini pesawat yang mengangkut 123 penumpang dan tujuh kru pesawat mengalami pembatalan penerbangan.


(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed