DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 19:05 WIB

Lukas Enembe, Ridwan Kamil dan Gus Ipul Punya Dana Kampanye Terbesar

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Lukas Enembe, Ridwan Kamil dan Gus Ipul Punya Dana Kampanye Terbesar Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Pilgub Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal, mendapat total penerimaan dana awal kampanye paling besar pada pilgub 2018. Setidaknya ada 10 pasangan cagub-cawagub yang memiliki dana awal kampanye terbesar, di atas Rp 1 miliar.

Jumlah dana awal kampanye Lukas-Klemen terbilang paling besar dibandingkan 53 paslon cagub-cawagub lainnya pada pilkada tahun ini.

"Lukas-Klemen mencatat total penerimaan dana awal kampanye sebesar Rp 15 miliar," demikian keterangan yang tercatat di Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang dirilis Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Senin (12/3/2018).


Selain Lukas-Klemen, ada satu paslon yang memiliki dana awal kampanye yang nilainya di atas Rp 10 miliar. Pasangan tersebut adalah Moch Ali bin Dachlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni, yang bertarung di Pilgub NTB.

Selain Lukas-Klemen dan Ali-Lalu Gede, ada cagub-cawagub yang dana kampanyenya Rp 1-5 miliar. Seperti paslon di Pilgub Lampung Arinal Djunaidi dan Chusnunia, yang memiliki dana awal kampanye Rp 4,53 miliar.

Kemudian Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum di Pilgub Jabar memiliki dana awal kampanye Rp 2,23 miliar. Selanjutnya paslon dari Pilgub Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno memiliki dana awal kampanye senilai Rp 1,7 miliar.


Lalu dana awal kampanye di atas Rp 1 miliar lainnya ada di Pilgub Maluku Utara dengan pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar sebesar Rp 1,01 miliar. Ada dua pasangan lain yang memiliki dana awal kampanye besar, yakni pasangan Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati dengan nilai Rp 1,003 miliar (Pilgub Bali) serta paslon dari Pilgub Kalimantan Timur Syahriee Ja'ang-Awang Ferdian Hidayat sebesar Rp 1 miliar.

Paslon-paslon tersebut dipetakan dari total penerimaan dana awal kampanye 53 paslon di 17 provinsi di Indonesia. Dana tersebut berasal dari sumbangan pasangan calon dan pihak lain serta sumbangan perseorangan, swasta, dan kelompok.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed