Dana Awal Kampanye 4 Paslon di Pilgub 2018 Rp 0

Marlinda Oktavia - detikNews
Senin, 12 Mar 2018 17:57 WIB
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada 2018 tercatat memiliki dana awal kampanye paling kecil saat menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Dalam laporan yang dibeberkan Bawaslu tercatat keempatnya memiliki Rp 0.

Anggota Bawaslu M Afifudin mengatakan kecilnya angka dana awal kampanye tersebut mungkin disebabkan oleh belum adanya sumbangan kepada paslon.

"Mungkin penyumbangnya masih nanti," kata Afifudin di gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).



Afif menjelaskan, laporan yang saat ini diterima Bawaslu tidak mencerminkan seluruh pelaksanaan kampanye. Sebab, laporan itu berasal dari data pada awal kampanye, yang saat ini masih berlangsung selama 25 hari.

"Kan masanya masih lama," ujarnya.

Mengacu pada laporan Bawaslu, empat paslon dengan dana kampanye paling kecil tersebut adalah cagub-cawagub dari Pilgub Riau Muhammad Lukman Edy-Hardianto. Kemudian Maluku Utara Kh Abdul Ghani Kasuba dan M Al Yasin Ali.



Cagub-cawagub dalam Pilgub Lampung Herman Hasanusi dan Ir Sutono dan pesaingnya H Muhammad Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri juga tercatat dana kampanyenya berjumlah Rp 0. (rvk/rvk)