DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 16:56 WIB

Alasan UP Larang Mahasiswa Kirim Pesan Alay: Dosen Tidak Paham

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Alasan UP Larang Mahasiswa Kirim Pesan Alay: Dosen Tidak Paham Foto: Banner etika mahasiswa kontak dosen di Universitas Pancasila
Jakarta - Universitas Pancasila (UP) menyusun etika mahasiswa berkirim pesan ke dosen, salah satunya adalah dilarang menggunakan bahasa gaul atau alay. Apa alasannya?

Kepala Humas Universitas Pancasila Maharani A Putri mengatakan ada beberapa keluhan dari dosen soal pesan dari mahasiswa yang dikirim tanpa memperhatikan waktu. Ada juga keluhan soal bahasa yang digunakan oleh mahasiswa.

"Kadangkala bahasa yang digunakan adalah bahasa yang tidak dipahami oleh dosen. Bahasa gaul yang kita butuh dua tiga kali membaca," kata Maharani saat ditemui detikcom, di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).



Masalah bahasa ini yang jadi sorotan khusus dari UP. Oleh sebab itu, etika mahasiswa berkirim pesan ke dosen disosialisasikan dalam bentuk banner.

"Kita mulai menasihati ulang kepada mahasiswa soal etika menghubungi dosen dari segi tata bahasa," ujarnya.

Maharani mengatakan setelah berkembangnya teknologi informasi khususnya telepon, maka batas waktu menjadi hilang dalam komunikasi seperti antara mahasiswa dan dosen. "Kalau komunikasi dengan gadget berbeda dengan komunikasi tatap mula," ujarnya.



Dia mengakui ada dosen yang merasa terganggu soal penggunaan bahasa mahasiswa ini. "Ada (dosen) yang merasa terganggu ada, ada yang merasa tidak, cuma bahasa yang perlu ditata," pungkas Maharani.

[Gambas:Video 20detik]




(fiq/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed