DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 16:08 WIB

PKS-Gerindra Incar PAN-PKB-PD untuk Pilpres 2019

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PKS-Gerindra Incar PAN-PKB-PD untuk Pilpres 2019 Ilustrasi koalisi Gerindra-PKS. Foto: Luthfi/detikcom
Jakarta - PKS-Gerindra menyatakan siap berkoalisi di Pilpres 2019. Menambah amunisi tempurnya, mereka siap mengincar partai-partai yang belum bersikap: PAN, PKB, dan Partai Demokrat (PD).

Demi mengincar 3 partai itu, PKS telah membentuk tim komunikasi. Komunikasi dengan partai lain disebut-sebut berjalan mulus.

"Kami punya tim komunikasi politik. Kan logikanya karena 5 sudah deklarasi ke Jokowi, kami banyak komunikasi dengan 4 sisanya (selain Gerindra): dengan PAN, dengan PKB, dengan PD," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Senin (12/3/2018).

"Wajar berkomunikasi berjalan, Alhamdulillah," imbuh anggota DPR itu.


Senada dengan PKS, Gerindra juga mengakui upaya menggandeng partai lain untuk kontestasi Pilpres 2019. Terang-terangan, Gerindra menyebut nama Partai Demokrat sebagai target incaran mereka.

Sejauh ini, Gerindra dan PKS belum menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden untuk diusung di 2019. Namun, nama Ketum Gerindra Prabowo Subianto terus digelorakan para kader partai berlambang kepala garuda merah itu sebagai calon presiden mereka. Prabowo masih belum bersikap sampai saat ini.


Sementara itu, PKS mematok 9 nama untuk diusung sebagai capres/cawapres. Dari daftar panjang itu, nama Presiden PKS Sohibul Iman dan eks Presiden PKS Anis Matta masuk di dalamnya.

"Komunikasi jalan terus. Yang pasti, Gerindra terbuka terhadap PD, PAN, dan PKB kalau ingin bergabung dalam koalisi Gerindra dan PKS," sebut Wasekjen Gerindra Andre Rosiade.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed