Air Tanah di Jakarta Disorot New York Times, Anies Sidak Gedung

Indra Komara - detikNews
Senin, 12 Mar 2018 11:50 WIB
Gubernur Anies melakukan sidak gedung. (Indra/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak pengawasan sumur resapan di gedung-gedung di kawasan Jakarta. Anies mengatakan permasalahan ini sudah didengar dunia internasional, bahkan sudah diberitakan media asing, New York Times.

[Gambas:Video 20detik]


"Karena air diambil harus dibalikin lagi. Kita masuk New York Times gara-gara itu," ujar Anies saat sidak di gedung Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (12/3/2018).



Anies turun langsung dalam sidak itu bersama tim pengawasan. Sidak juga ini melibatkan beberapa instansi dari Dinas SDA hingga Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta.

Dalam sidak tersebut, Anies menegaskan pihak gedung harus memiliki dokumen untuk penyediaan sumur resapan.

"Kalau nggak nyiapin datanya, harus ada sanksinya," kata Anies.

Anies juga mengingatkan pihak pengelola hotel untuk membuat sumur resapan yang baik. Dia tidak ingin Jakarta menjadi sorotan dunia karena resapan air pada gedung yang jelek.

"Segera ya pak dibuat sumur resapan. Kalau saya datang lagi ke sini, harus sudah ada," ujar Anies.


Air Tanah di Jakarta Disorot New York Times, Anies Sidak GedungGubernur Anies melakukan sidak gedung. (Indra/detikcom)

Dalam pengawasannya, Anies bersama tim pengawasan terpadu sumur resapan melakukan pengecekan sistem pengelolaan air pada gedung. Anies ditemani dua petugas hotel yang menggunakan seragam warna biru.

Media New York Times memberitakan soal air tanah di Jakarta pada 6 Maret dan Desember 2017. Penyebab utamanya, penduduk Jakarta menggali sumur-sumur ilegal sehingga tetes demi tetes mengaliri lapisan bawah tanah. (rvk/fjp)