KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Deputi Pengganti Heru Winarko

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Jumat, 09 Mar 2018 21:51 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - KPK menelusuri rekam jejak kandidat Deputi Penindakan pengganti Heru Winarko. Penelusuran rekam jejak itu adalah metode standar yang melibatkan instansi penegak hukum lainnya.

"Itu sudah pasti (dilakukan), nanti dari teman-teman semua. Apakah yang bersangkutan pernah melakukan hal tidak baik," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018).

"Standar (meminta bantuan BNN dan PPATK untuk mengecek) itu selalu kita lakukan. Kalau narkoba (ke) BNN, tindak pidana lain (ke) kepolisian dan kejaksaan, tindak pidana pencucian uang (ke) PPATK. Itu yang selalu kita lakukan, itu standar saja, tidak ada yang luar biasa," kata Basaria lagi.

Hingga kini Kejaksaan telah mengajukan 7 nama untuk berkompetisi mengisi posisi tersebut, sementara Polri mengirim 3 nama untuk kandidat Deputi Penindakan dan 3 nama lain untuk kandidat Direktur Penyidikan. KPK juga membuka posisi tersebut dari internal. Basaria menyebut, nama-nama itu akan segera diumumkan.

"Begini saja, supaya lebih enak nanti diumumkan saja, daripada saya salah nyebut nama (siapa saja kandidatnya). Masukan dari masyarakat juga kita butuhkan," tutur Basaria.

Dia menyebut tak lama lagi publik akan segera mengetahuinya. "Besok mungkin bisa (dipublikasikan), kita terbuka kok itu," ucapnya.
(nif/jor)