DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 13:34 WIB

Ajukan 7 Kandidat Deputi Penindakan KPK, Jaksa Agung: Pasti Kompeten

Yulida Medistiara - detikNews
Ajukan 7 Kandidat Deputi Penindakan KPK, Jaksa Agung: Pasti Kompeten Jaksa Agung Prasetyo memberikan keterangan pers tentang 7 nama yang diajukannya menjadi kandidat Deputi Penindakan KPK (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Jaksa Agung Prasetyo telah mengirimkan 7 nama jaksa untuk mengikuti seleksi sebagai calon Deputi Penindakan KPK. Prasetyo menjamin nama-nama yang dikirim merupakan sosok profesional dan memenuhi kualifikasi tersebut.

"Kita sudah berikan, mereka adalah jaksa-jaksa yang berpengalaman jadi Kajati (Kepala Kejaksaan Tinggi). Berkompeten, siapa pun yang kita kirim ke sana itu sudah kita jamin profesionalitasnya," kata Prasetyo di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018).


Prasetyo mengatakan 7 nama yang dikirim untuk mengikuti seleksi merupakan orang yang memiliki pengalaman menangani proses hukum dan berintegritas. Menurutnya, jajaran kejaksaan memiliki kemampuan untuk mengisi jabatan Deputi Penindakan itu karena dapat melakukan penyelidikan, penyidikan, penunutan, dan melakukan upaya hukum.

"Karena di penindakan itu menurut saya bukan hanya sebatas penyelidikan dan penyidikan, tapi juga harus mengendalikan dan memahami masalah penuntutan eksekusi dan upaya hukum, jaksa memiliki kualifikasi seperti itu," kata Prasetyo.

"Jaksa bisa menyelidiki, menyidik, menuntut, mengeksekusi, dan bisa mengajukan upaya hukum, jadi kami sangat lengkap, seluruh tahapan proses hukum jaksa menguasai, jaksa punya kualifikasi seperti ini," sambungnya.


Akan tetapi dia tidak membocorkan siapa saja nama-nama yang dikirim untuk mengikuti seleksi tersebut. "Yang pasti mereka sudah berpengalaman semua," tutupnya.

Sebelumnya, KPK membuka lelang terbuka untuk dua jabatan lowong, yaitu Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan. Polri dan Kejaksaan disebut telah mengirimkan nama calon untuk mengikuti seleksi.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah berkata baik Polri maupun Kejaksaan sudah mengirimkan nama untuk posisi Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan KPK. Seleksi dari kalangan internal juga sedang dibuka pendaftaran.
(yld/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed