DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 11:44 WIB

BNN Sita 53 Kg Sabu dan 70 Ribu Ekstasi di Februari 2018

Ibnu Hariyanto - detikNews
BNN Sita 53 Kg Sabu dan 70 Ribu Ekstasi di Februari 2018 Foto: BNN menyita 53,9 kilogram sabu dan 70 ribu butir pil ekstasi selama periode bulan Februari 2018.Fotografer: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita 53,9 kilogram sabu dan 70 ribu butir pil ekstasi selama periode bulan Februari 2018. Barang bukti narkotika itu disita dari 6 kasus yang berbeda.

"Dalam kasus ini, ada 6 penangkapan kasus tindak pidana narkotika. BNN mengamankan 53,9 kg dan 70 ribu pil ekstasi," kata Kepala BNN, Irjen Heru Winarko, di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (8/2/2018).

Heru menjelaskan kasus pertama diungkap penyelundupan narkoba jaringan Malaysia pada Minggu (25/2) di Medan, Sumatera Utara. Empat tersangka ditangkap yakni AM, AMZ, ZF, dan MR. Salah satunya tersangka AMZ dilakukan tindakan tegas karena melawan petugas.
Barang bukti narkotika itu disita dari 6 kasus yang berbeda dan sejumlah tersangka ditangkap.Barang bukti narkotika itu disita dari 6 kasus yang berbeda dan sejumlah tersangka ditangkap. Foto: Fotografer: Ibnu Hariyanto/detikcom


"Kasus pertama berhasil diungkap atas kerja sama BNN, Polri dan Jabatan Siasatan Jenayah Narkotik Polis Diraja Malaysia sebanyak 15 kg sabu dan 70 ribu butir ekstasi," jelas Heru.

Komjen Buwas: Penyelundup Narkoba Musuh Negara, Habisi Saja

Tak berhenti di situ, BNN bekerja sama dengan polisi Malaysia mengungkap penyelundupan narkotika Jaringan Malaysia pada Sabtu (10/2) di Aceh Utara. BNN menangkap ED dan menyita barang bukti sabu seberat 20,9 kg.

Heru melanjutkan kasus ketiga diungkap pada awal Februari di Bandara Soekarno Hatta. BNN menangkap tiga tersangka dan menyita 1,8 kg sabu. "Sabu yang dikemas di dalam beberapa bungkus plastik bening itu disembunyikan dalam sepatu, pakaian dalam dan tas tersangka MK dan MI. Dari situ petugas melakukan control delivery dan berhasil menangkap tersangka lain FE di Jalan Merdeka Raya, Tangerang," kata dia.

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya BNN dan Bea Cukai bekerja sama dengan TNI AU berhasil menggagalkan penyelundupan 1,5 kg sabu dari Banda Aceh di Bandara Halim Perdanakusuma. Heru mengungkap modus yang dipakai tersangka MU, RA, MUR dan AH sama dengan pengungkapan di Bandara Soekarno Hatta.

"Modus yang digunakan serupa dengan kasus sebelumnya, sabu seberat 1,5 kg dikemas dan disembunyikan dalam sepatu dan barang bawaan," ujar dia.

Kemudian pada Sabtu (10/2) BNN menangkap dua pria asal Aceh di Pesangahan, Jakarta Selatan dan menyita 8 kg sabu. Dari situ, Heru mengatakan BNN melakukan pengembangan ke Rawa Lumbu, Bekasi, dan menangkap tersangka lain Abet.

"Total dari kasus ke lima 10 kg sabu kita amankan," imbuhnya.

Terakhir, BNN menyita 5,1 kg sabu serta menangkap dua tersangka HS dan MY di Lampung Selatan pada (17/2). Dari hasil pengembangan BNN kemudian menangkap AT pemilik sabu di Bandara Juanda Surabaya.



(ibh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed