DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 17:34 WIB

3 Orang 'Mitra Palsu KPK' Ditangkap, Uang Rp 5 Juta Disita

Nur Indah Fatmawati - detikNews
3 Orang Mitra Palsu KPK Ditangkap, Uang Rp 5 Juta Disita Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK menyebut Polres Subang menangkap 3 orang yang mengaku sebagai 'mitra KPK'. Dari tangan ketiganya, polisi mengamankan uang sebesar Rp 5 juta.

"Baru saja ada konpres Polres Subang tentang 3 orang tersebut. Ada uang juga yang diamankan. Infonya tadi Rp 5 juta," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (7/3/2018).

"Ada yang ngaku sebagai komisioner KPK. Ada ID juga tertulis 'Mitra KPK'," imbuh Febri.

Febri menyebut uang itu didapatkan dari PNS di Pemkab Subang. Penangkapan itu, disebut Febri, dilakukan di tengah pemeriksaan tim KPK terhadap saksi berkaitan dengan kasus suap yang menjerat Bupati Subang Imas Aryumningsih.


"Uang diterima dari PNS Subang," sebut Febri.

Tiga orang itu disebut mengaku sebagai mitra KPK serta mengantongi kartu identitas bertulisan 'LPPNRI'. Febri kembali mengingatkan publik bahwa KPK tidak memiliki mitra apa pun yang meminta uang dengan janji penyelesaian kasus.

Febri juga menyebut kasus-kasus mengenai penyidik KPK gadungan kerap dibongkar polisi. Dia meminta masyarakat lebih berhati-hati.

"Kami ingatkan kembali, KPK tidak pernah memiliki MoU atau kerja sama dengan lembaga dimaksud. Pada pihak-pihak yang ditemui, jika ada permintaan uang atau fasilitas dari orang-orang yang mengaku dari KPK atau mitra KPK, kami pastikan hal tersebut tidak benar dan agar segera melaporkan pada penegak hukum setempat," kata Febri.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed