Mendikbud Sebut Tak Ada Sekolah Larang Siswi Bercadar

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 06 Mar 2018 19:47 WIB
Foto: Mendikbud Muhadjir Effendy. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Kebijakan larangan mahasiswi menggunakan cadar di sejumlah universitas menuai polemik. Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut kebijakan itu tak ada di tingkat sekolah menengah atas ke bawah.

"Sepanjang yang saya pantau nggak ada," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).


Muhadjir mengatakan, ia tak ikut campur jika ada aturan tersebut di sekolah. Namun, menurutnya, yang terpenting perilaku dari siswa dan siswi yang harus diperhatikan.

"Sebetulnya kan yang penting bukan pakaiannya, yang kita nilai sikap dan kelakuannya. Yang penting sopan dan dia dalam berperilaku tidak menunjukkan yang aneh-aneh, saya kira nggak masalah," kata eks Rektor UMM ini.


Polemik ini berawal dari kebijakan yang diterapkan oleh pihak kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pada Februari 2018, pihak kampus UIN Yogyakarta mendata mahasiswinya yang bercadar.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyusul UIN Sunan Kalijaga soal pendataan mahasiswi bercadar. Pembinaan pun dilakukan, namun belum mengarah pada penindakan. (dkp/idh)