detikNews
Senin 05 Maret 2018, 12:50 WIB

Serahkan Jabatan Kepala BNN ke Irjen Heru, Buwas: Sekarang Lega

Ibnu Hariyanto - detikNews
Serahkan Jabatan Kepala BNN ke Irjen Heru, Buwas: Sekarang Lega Serah terima jabatan Kepala BNN Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Budi Waseso (Buwas) resmi serah terima jabatan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) kepada Irjen Heru Winarko. Buwas kini merasa lega.

"Hari ini saya secara resmi serahterimakan keseluruhan tugas dan tanggung jawab saya ke Pak Heru. Sebab itu, saya hari ini sudah lega menyerahkan tanggung jawab saya sebagai Kepala BNN," kata Buwas.

Pernyataan tersebut disampaikan Buwas dalam konferensi pers kenal-pamit Kepala BNN di aula gedung BNN, lantai 7, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/3/2018). Buwas berharap Irjen Heru bisa menyempurnakan program-program yang sudah dia kerjakan.


"Nanti secara bertahap, sesuai konsep beliau yang akan dipadukan antara sekarang yang sudah saya lakukan dan yang belum akan disempurnakan Pak Heru sebagai kepala BNN," ucapnya.

Serah terima jabatan Kepala BNNSerah terima jabatan Kepala BNN Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

Buwas menambahkan, dirinya berharap banyak kepada Irjen Heru. Dia ingin mantan Deputi Penindakan KPK itu bisa menerapkan program di KPK ke BNN, khususnya dalam penindakan tindak pidana pencucian uang (TPPU).


"Keberhasilan BNN dalam TPPU akan disinergikan dengan KPK dan KPK juga punya pengalaman dengan masalah TPPU maka nanti akan ada kegiatan bersama KPK," kata Buwas.

Irjen Heru dalam kesempatan tersebut mengatakan, dia sudah melihat dan mengikuti pemaparan kinerja Buwas selama menjadi kepala BNN. Untuk itu, dia menegaskan tetap akan melanjutkan program-program dari Buwas dalam pemberantasan peredaran narkoba.

"Ke depan saya perbaiki, yang jelas apa yang dilakukan (Buwas) saya tetap jalankan terutama pemberantasan narkoba karena Pak Presiden menekankan narkoba ini 80 persen dari luar," ujar Irjen Heru.


Irjen Heru mengatakan akan menindak tegas bandar-bandar narkoba yang masuk ke Indonesia seperti apa yang dilakukan Komjen Buwas.

Irjen Heru Winarko dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala BNN di Istana Negara, Kamis (1/3) pagi. Heru sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.
(ibh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com