DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 06:51 WIB

Imigrasi Jakpus: Ian 'Bule Luntang-lantung' Ingin Bertemu Istrinya

Mochamad Zhacky - detikNews
Imigrasi Jakpus: Ian Bule Luntang-lantung Ingin Bertemu Istrinya Foto: Denita Matondang/detikcom
Jakarta - Ian Whiteley (50), bule asal Inggris diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat untuk dimintai keterangan mengenai tujuannya ke Tangerang, Banten. Tujuan Ian ke Tangerang karena ingin bertemu istrinya.

[Gambas:Video 20detik]




"Informasinya dia (Ian) mau ketemu istinya. Istrinya kerja di Tangerang. Itu yang sekarang kita coba dalami dulu. Makanya saya nggak berani bikin statement apa-apa dulu," kata Kepala Sub Seksi Penindakan Imigrasi Jakarta Pusat, Muhammad Deny Firmansyah saat dihubungi detikcom, Minggu (4/3/2018).

Selain menelusuri tujuan Ian ke Tangerang, pihak Imigrasi Jakarta Pusat juga mengecek status izin tinggal Ian di Indonesia. Deny menuturkan izin tinggal Ian masih berlaku.

"Secara keimigrasian untuk saat ini nggak ada masalah. Tapi hari ini anggota kita masih di kantor kan. Mereka lagi coba mencari keterangan ke yang bersangkutan (Ian), sedang di-inteview juga," terang Deny.



Selama proses pemeriksaan Ian pun bersikap kooperatif. Bule yang sempat luntang-lantung di Tangerang itu juga bersedia menginap di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

"Tapi untungnya dia mau tinggal dulu (Kantor Imigrasi Jakarta Pusat). Kita juga coba secara persuasif kan, ngomong baik-baik supaya dia (mau menginap), 'bisa bertemu istri kamu'," papar Deny.


Ian diamankan petugas Imigrasi Kelas I Kota Tangerang pada Minggu (4/3) siang. Dia mengaku menikah dengan orang Indonesia beberapa waktu lalu.


Namun, sejak empat bulan lalu Ian mengklaim diusir oleh istrinya tersebut. Padahal, uang pensiun dari kantornya di Inggris dikirim ke rekening istrinya.
(zak/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed