DetikNews
Minggu 04 Maret 2018, 08:31 WIB

Imigrasi Cek Status WNA Ian Bule yang Luntang-lantung di Tangerang

Faiq Hidayat - detikNews
Imigrasi Cek Status WNA Ian Bule yang Luntang-lantung di Tangerang Bule Ian di Tangerang (Foto: Haris Fadhil/ detikcom)
Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM akan mengecek dokumen warga negara Inggris, Ian yang hidup luntang-lantung di Tangerang, Banten. Imigrasi akan mengecek apakah bule Inggris ini masuk secara legal.

"Jadi belum terkonfirmasi, orang ini masuk secara legal kemudian menjadi ilegal, atau dia pengungsi yang menjadi tinggal sementara seperti itu atau dia bagaimana. Kita harus cari tahu dulu, kan dia statusnya negara mana," ujar Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno saat berbincang, Sabtu (3/3/2018).






Berdasarkan pengakuan Ian dia merupakan warga negara Inggris. Namun, Agung tak lantas percaya, menurutnya pihak Kedutaan Besar (kedubes) Inggris harus melakukan pemeriksaan terkait status kewarganegaraan.

"Iya yang menentukan warga kenegaraan kedutaan kan, jangan bule disebut Inggris nggak bisa. Harus dikonfirmasi dulu. Jadi prosesnya kalau ada asing terlantar di Indonesia bukan hanya diatur hukum internasional tapi juga diatur konfensi internasional, di mana negara, orang asing wajib melaporkan memberikan kedutaan," tutur Agung.

Setelah dilakukan pemeriksaan, lanjut Agung, kedubes akan mengetahui status warga negara Ian. Jika benar Ian merupakan warga negara asal Inggris, maka Kedutaan negara Ratu Elizabeth ini harus memberikan perlindungan.

"Kemudian kedutaan ini akan melakukan verifikasi mengenai status kewarganegaraanya. Setelah selesai dilakukan, kalau benar dia warga negaranya maka dilakukan perlindungan kedutaan, diberikan tempat tinggal sementara menunggu proses dipulangkan," jelas Agung.

"Kalau kepulangan kedutaan bertanggung jawab memberikan tiket sampai tempat tujuan. Kalau orang asing proses begitu, bukan negara yang membayari dia nggak," imbuh dia.

Sebelumnya, Ian, bule asal Inggris yang luntang lantung di Tangerang, Banten sudah delapan tahun sering ke Indonesia sebagai turis. Kini ia bercerita soal keinginannya untuk mencari tempat tinggal. Ia juga mengaku ingin mengurus izin mencari pekerjaan di Indonesia.

Dedy selaku Ketua RT mengaku melihat paspor, masa tinggal Ian di Indonesia hingga Agustus 2018. Ian sudah pensiun dini dari pekerjaannya di negara asalnya. Ian mengaku setiap bulan dikirim uang pensiun dari perusahaannya, namun rekeningnya dipegang istri yang sekarang meninggalkannya.
(fai/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed